Kadis PTPH Riau Sebut Gubernur Syamsuar Lagi ‘Gelisah’, Soal Apa Ya?

Rabu, 26 Agustus 2020 13:13
Kadis PTPH Riau Sebut Gubernur Syamsuar Lagi ‘Gelisah’, Soal Apa Ya?
Gubernur Riau Syamsuar – Foto: Diskominfotik Riau.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kadis PTPH Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Syahfalefi mengungkapkan saat ini Gubernur Riau Syamsuar gelisah karena khawatir dengan kondisi ketahanan pangan.

“Guberi gelisah  karena Riau belum bisa memenuhi kebutuhan besar sendiri, karena memang harus dipasok dari daerah luar,” ungkapnya dalam Rakor tentang Bertani di Pekanbaru, Rabu, 26 Agustus 2020.

Advertisement

Dia mengatakan kondisi pangan semakin diperburuk dengan adanya wabah COVID-19, seiring dengan isu kelanggaan pangan dunia. Solusinya, untuk sementara ini memang baru menyusun road map potensi pangan di Riau.

Dari sekitar 62.689 hektar lahan padi yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Riau, pimpinan meminta Distanhor se-Riau untuk mengoptimalkan lahan yang ada dan menaikkan IP minimal sampai 200 di samping peningkatan produktivitas.

Baca: Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

“Tidak muluk-muluk Gubri minta minimal 50% tercapai atau ada peningkatan sekitar 15 sampai 20%,” ujarnya. Pernyataan ini menegaskan bahwa produksi beras lokal Riau selama ini, bahkan tidak cukup untuk memenuhi sebagian kebutuhan beras masyarakat. (bpc2)