HUT RI-75: Warga di Riau Diminta Tak Gelar Kegiatan Perlombaan 17-an

Jumat, 14 Agustus 2020 16:46
HUT RI-75: Warga di Riau Diminta Tak Gelar Kegiatan Perlombaan 17-an

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau meminta kepada warga agar tidak menggelar kegiatan perlombaan untuk memeriahkan HUT RI ke-75 (17 Agustus 2020). Himbauan ini berkaitan dengan tingginya jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau, yang kini sudah menyentuh angka lebih 800 kasus.

“Kami meminta kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan perlombaan yang sifatnya akan mengumpulkan banyak orang. Dalam situasi COVID-19, hal-hal seperti itu tentu dicegah agar tidak terjadinya penularan virus dalam skala yang lebih besar,” ungkapnya belum lama ini.

Advertisement

Syamsuar mengatakan, masyarakat harus mengerti dengan kondisi Riau saat ini — berada dalam ancaman virus corona. Oleh sebab itu dia meminta pengertian warga agar tidak membuat kegiatan atau perlombaan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang.

Menurutnya dalam situasi seperti ini pencegahan dan penanganan kasus Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama. Tidak hanya penanganan yang dilakukan oleh pemerintah, tetapi masyarakat juga bisa membantu dengan tidak menggelar kegiatan perlombahan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca: Selalu Tak Capai Target, Daerah di Riau Diminta Konsisten Kirimkan Sampel Swab

Tidak dilaksanakannya kegiatan perlombaan pada momentum tujuh belasan tahun ini, menurut Syamsuar, sama sekali tidak mengurangi nilai dan makna dari kemerdekaan. Justru dengan tingginya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, menandakan rasa cinta Tanah Air yang sesungguhnya.

“Kalau kegiatan-kegiatan perlombaan itu dilakukan via internet, saya rasa tidak masalah. Tapi kalau untuk bertemu langsung seperti tahun-tahun sebelumnya, saya rasa jangan dululah,” jelasnya.

Sementara itu juru bicara satuan tugas percepatan penanganan covid 19 Riau dr Indra Yovi, mengatakan banyaknya jumlah warga yang berkerumun saat melakukan perlombaan 17-an berpotensi akan menimbulkan cluster-cluster baru.

“Saya secara pribadi juga tidak setuju kegiatan perlombaan 17-an dilaksanakan masyarakat seperti tahun-tahun sebelumnya. Jangan sampai setelah HUT RI muncul cluster baru,” ungkapnya. (bpc2)