Dukung Pacu Jalur 2021 Kembali Ditiadakan, Marwan Yohanis: Nanti Orangnya Pergi, Covid-nya Tinggal

Kamis, 20 Mei 2021 09:05
Dukung Pacu Jalur 2021 Kembali Ditiadakan, Marwan Yohanis: Nanti Orangnya Pergi, Covid-nya Tinggal

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tokoh masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Marwan Yohanis mengatakan dirinya mendukung peniadaan event pariwisata Pacu Jalur tahun 2021.

Menurut Marwan, akan lebih banyak mudharotnya jika Pacu Jalur tetap dipaksakan dilaksanakan pada tahun 2021.

Advertisement

“Karena yang menonton nanti bukan puluhan ribu, tapi ratusan ribu. Ada juga yang datang dari luar daerah,” ujar Marwan kepada bertuahpos.com, Kamis 20 Mei 2021.

Puluhan atau ratusan ribu orang tersebut kemudian akan berbaur dan berinteraksi selama empat hari pelaksanaan Pacu Jalur.

Baca: COVID-19 RIAU: Bertambah 23 Kasus Hari Ini

Jika saja, lanjut Marwan, ada satu orang dari ratusan ribu tersebut terkena Covid-19, maka akan menularkannya ke ribuan lainnya. Tidak akan ada fasilitas kesehatan di Kuansing yang sanggup menanganinya.

BACA JUGA:  Soal Penggeledahan Lapas, Kepala BNNK Kuansing: Sama Seperti yang Saya Dengar

“Jangan nanti, orangnya pergi, covid-nya tinggal di Kuansing. Jangan sampai membawa mudharot ke kabupaten kita,” tambah dia.

Kepada masyarakat, Marwan meminta arif dan menerima dengan bijak jika Pacu Jalur tahun kembali ditiadakan. Menurut dia, budaya Kuansing memang harus dilestarikan, namun kini kondisinya sangat tidak memungkinkan.

“Budaya kita terus kita lestarikan, tapi dalam kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan, harus kita terima juga,” pungkas dia. (bpc4)