Baru 1,31 Juta Penduduk Riau Tercatat di Sensus Penduduk Online

Rabu, 02 September 2020 11:55
Baru 1,31 Juta Penduduk Riau Tercatat di Sensus Penduduk Online
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Misparuddin (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, penduduk Riau baru tercatat sebanyak 1,31 juta. Mereka yang terdata ini yang melakukan Sensus Penduduk online sejak awal tahun 2020 lalu, atau sekitar 18,91% dari perkiraan total penduduk Riau saat ini.

Kepala BPS Provinsi Riau Misparuddin mengatakan, tahapan pendataan jumlah penduduk terhadap sisanya akan dilakukan sekarang, melalui sistem sensus secara manual atau door to door. “Semuanya harus terdata pada September ini untuk mengetahui angka pasti jumlah penduduk Riau saat ini,” ujarnya, Rabu, 2 Agustus 2020.

Advertisement

Dijelaskan jadwal pelaksanaan sensus ini dilaksanakan selama September. Petugas turun ke lapangan untuk melakukan pendataan hanya 14 hari kerja. Sementara jika belum selesai proses pendataan, maka dilakukan perpanjangan hingga 25 September 2020.

Sensus Penduduk online cenderung hanya bisa dilakukan oleh masyarakat yang berada di wilayah perkotaan. Sebab terbentur masalah ketersediaan jaringan internet belum memadai hingga ke daerah pelosok.

Baca: CUACA RIAU : Daerah Berikut Ini Waspadai Hujan Petir

Sebelumnya, Kick Off Sensus Penduduk sudah dilaksanakan oleh BPS secara nasional melalui virtual pada 31 Agustus 2020. Kick Off sebagai penanda bahwa kegiatan Sensus Penduduk secara manual di lapangan sudah akan dimulai. 

Musparuddin mengatakan, kegitan pendataan di lapangan akan dilaksanakan sepanjangan September 2020, dengan penyingkatan waktu hanya 14 hari kerja. Dalam pelaksanaannya, petugas Sensus Penduduk akan didampingi oleh Ketua RT setempat. (bpc2)