Ahli Epidemiologi Riau Rekom Pegawai Idap Penyakit Kronis Sebaiknya Kerja di Rumah Saja

Jumat, 14 Agustus 2020 07:35
Ahli Epidemiologi Riau Rekom Pegawai Idap Penyakit Kronis Sebaiknya Kerja di Rumah Saja
Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid) – Foto: Melba / Bertuahpos.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid), merekomendasikan agar setiap pegawai yang memiliki penyakit kronis, sebaiknya bekerja dari rumah saja. 

Menurutnya, hal ini tentu saja perlu dukungan kebijakan dari instansi atau perusahaan bersangkutan, dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di Riau yang semakin meningkat tajam.

Advertisement

“Beberapa pekan terakhir kasus terkonfirmasi COVID-19 di Riau meningkat signifikan. Jadi kami merekomendasikan agar karyawan atau pegawai pemerintah yang memiliki pengakit kronis sebagainya bekerja dari rumah saja,” katanya kepasa bertuhapos.com, saat ditemui di Posko Percepatan Penanganan COVID-19 Riau di Pekanbaru, Kamis, 13 Agustus 2020.

Menurut dr Wildan, langkah ini diharapkan efektif untuk menekan penyebaran virus corona melalui klaster perkantoran. Oleh sebab itu, setiap kantor, baik swasta maupun instansi pemerintah kiranya dapat membentuk Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 skala kantor.

Baca: Syamsuar Tegaskan Protokol Kesehatan Paling Penting dalam Penerapan Pilkada 2020

Tim Satgas inilah nantinya, kata dia, yang akan melakukan pendataan terhadap setiap karyawan atau pegawai di kantor masing-masing yang memiliki penyakit kronis, kemudian diusulkan kepada pimpinan agar sebaiknya mereka bekerja di Rumah.

“Orang dengan usia lanjut dan orang dengan penyakit kronis sangat berisiko jika mereka terpapar virus corona. Klaster-klaster kantor saat ini sangat dikhawatirkan, karena penyebaran virusnya sangat cepat,” jelasnya.

“Tugas lainnya yang bisa dilakukan oleh Satgas kantor ini untuk mendeteksi setiap pegawai yang sedang sakit, baik demam, batuk, sesak nafas dan lainnya, sebaiknya disuruh pulang saja. Beri mereka kelonggaran bekerja di rumah. Termasuk kepada pegawai atau karyawan yang baru pulang dari daerah zona merah. Mereka sebaiknya jangan masuk kantor dulu,” sambungnya. (bpc2)