Pemprov Minta Parpol di Riau Inovasi Mekanisme Tahapan Pilkada di Tengah COVID-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:22
Pemprov Minta Parpol di Riau Inovasi Mekanisme Tahapan Pilkada di Tengah COVID-19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau meminta kepada Partai Politik (Parpol) sekiranya bisa menyesuaikan diri dengan konfisi COVID-19, terutama terhadap mekanis dalam berbagai tahapan yang harus dilakukan oleh Bakal Calon Kepala Daerah yang ikut dalam Pilkada 2020.

Asien I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengungkapkan, bagaimanapun Parpol harus tetap patuh pada protokol kesehatan COVID-19, dalam melakukan strategi pemenangan masing-masing pasangan calon atau Paslon.

Advertisement

“Kami di Pemerintah Daerah (Pemda) tentulah sifatnya hanya memfasilitasi. Nah, Parpol kami minta untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Misalnya untuk tahapan pendaftaran calon, tidak lagi perlu harus ke kantor, cukup bisa dilakukan via online,” katanya, Jumat, 29 Mei 2020.

Dia menambahkan, kepatuhan terhadap protokol kesehatan COVID-19 juga perlu disesuaikan pada saat proses kampanye calon kepala daerah. Misalnya cukup dilakukan di ruangan tertutup dengan jumlah massa terbatas, dan memanfaatkan teknologi saja.

Baca: Tekanan Ekonomi, Masyarakat akan Memilih Karena Uang?

“Kita ikuti sesuai aturan. Tahapannyakan baru akan dimulai pada Juni. Itupun baru internal KPU dan Bawaslu. Yang berkaitan langsung pada Parpol pada Agustus,” ujarnya. (bpc3)