KPU Riau Sebut Pencoblosan Masih Gunakan Paku, Tapi Disediakan Sarung Tangan

Senin, 09 November 2020 10:09
KPU Riau Sebut Pencoblosan Masih Gunakan Paku, Tapi Disediakan Sarung Tangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – KPU Riau mengatakan pencoblosan di pilkada 9 Desember 2020 nanti masih menggunakan paku. Artinya, pencoblosan tetap seperti pilkada sebelumnya.

Akan tetapi, KPU Riau memastikan paku dalam bilik suara tidak akan bersentuhan langsung dengan pemilih, karena disediakan sarung tangan sekali pakai.

Advertisement

“Pemilih akan menggunakan sarung tangan sejak hendak menandatangi daftar kehadiran, sampai pencoblosan. Sehingga paku yang digunakan untuk mencoblos tidak bersentuhan dengan jari-jari pemilih,” terang Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, Senin 9 November 2020.

Selain pemilih menggunakan sarung tangan, lanjut Nugroho, paku tersebut juga akan disemprot cairan pembunuh kuman atau disinfectan secara berkala.

Baca: Eet Mengundurkan Diri, Ini Bocoran Calon Penggantinya Sebagai Ketua DPRD Riau

“Begitu juga surat suara, formulir, dan seterusnya sejak dari percetakan hingga tiba di TPS harus didistribusi melalui protokol kesehatan COVID-19. Sehingga ketika tiba di TPS Logistik tersebut dalam posisi steril,” tambahnya.

Seperti diketahui, pada 9 Desember nanti, ada sembilan kabupaten/kota di Riau yang melaksanakan pilkada. Sembilan daerah itu adalah Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. (bpc4)