Digelar Ditengah Pandemi, Pilkada 2020 akan Diikuti 100 Juta Pemilih

Kamis, 04 Juni 2020 10:25
Digelar Ditengah Pandemi, Pilkada 2020 akan Diikuti 100 Juta Pemilih

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto menyebutkan Pilkada 2020 ini akan diikuti oleh 100 juta lebih pemilih di seluruh Indonesia.

Jumlah tersebut masih belum dihitung dengan penyelenggara pemilu, dalam hal ini petugas KPU dan Bawaslu, yang jumlahnya juga akan mencapai ribuan.

“Pilkada 2020 terdiri 100 juta lebih pemilih, atau sama dengan jumlah sebagian negara Eropa, atau di negara Asia Tenggara. Itu belum ditambah ribuan penyelenggara pemilihan,” kata Nugroho kepada bertuahpos.com, Kamis 4 Juni 2020.

Dilanjutkan Nugroho, karena digelar di tengah pandemi covid-19, maka syarat mutlak dari pelaksanaan pilkada 2020 adalah adanya protokol kesehatan dan juga ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD).

Baca: Verifikasi Faktual Calon Perseorangan, Bawaslu Riau Siapkan APD untuk Petugas

“Dan untuk itu, mungkin tak semua daerah memiliki APBD yang cukup untuk memenuhinya. Maka APBN lah harapan kita untuk merealisasikan hajat nasional ini,” pungkas Nugroho.

Di Riau sendiri, ada sembilan kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada pada 2020 ini, yaitu Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Siak, Bengkalis, Kota Dumai, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. (bpc2)