Selalu Cek Rantai Motor Anda Supaya Nggak Karatan di Musim Hujan

Senin, 02 Desember 2019 17:21
Rantai sepeda motor berkarat (Foto: tempo.co/Wawan Priyanto

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Di musim hujan seperti saat ini, penting bagi kamu untuk sedikit kebih perhatian terhadap kondisi rantai motor Anda. Jika tidak, kondisi rantai yang selalu basah akan membuatnya lebih mudah karatan.

Pada komponen penggerak, rantai motor tak luput dari risiko korosi akibat air hujan. Penting sekali selama musim hujan ini memberikan perhatian lebih pada rantai supaya tidak cepat karatan. Pertama pelumasan harus dijaga, jika tidak efeknya rantai karatan adalah lebih pendeknya usia rantai. Belum lagi motor digunakan seperti itu akan semakin mempercepat keausan dari rantai tersebut.

Ketika karat dan tidak ada perawatan dia akan cepat aus, jadi saat jalan, akselerasi terkikis dan ausnya akan lebih cepat. Rantai yang telah berkarat ini tentu juga akan berdampak pada komponen lain yang bergesekan langsung seperti roda gigi. Jadi perawatan rantai sangatlah krusial dalam menjaga kondisi motor di kondisi prima.

Sementara untuk rantai yang berkarat sendiri ketika mulai kendor akan lebih sulit disetel ulang. Kerugian pada pemilik mau tak mau rantai motor harus diganti dengan yang baru.

Baca: Toyota masih jadi produsen mobil terbesar sejagat raya

Cek dulu kondisi rantai pastikan dilumasi. Pengaruhnya ke gear juga. Untuk memastikan rantai masih bagus atau tidak lihat kondisi rantai kendor biasanya setel sesuai standarnya kalau memang sudah tidak bisa setel harus dilakukan penggantian. (bpc3)

Berita Terkini

Senin, 24 Februari 2020 18:15

Secuil Keluh Kesah untuk Setahun Syamsuar-Edy Memerintah

REFLEKSI SETAHUN KEPEMIMPINAN SYAMSUAR-EDY

Senin, 24 Februari 2020 15:26

Harga Mobil Hartop Bekas Tahun 1981

OTOMOTIF

Senin, 24 Februari 2020 13:14

Ahmad Syah: SK EHA 2020 Dikeluarkan Serentak Maret Nanti

ISLAMPEDIA

Senin, 24 Februari 2020 12:22

INSPIRASI STORY: Atlet Tenis Merajuk Pada Dosennya

INSPIRASI STORY

Senin, 24 Februari 2020 11:03

Catatan Sejarah 24 Februari: Gugurnya Arif Rahman Hakim

SEJARAH