Tokoh KAMI Diborgol, Rizal Ramli: Mereka Bukan Teroris atau Koruptor

Jumat, 16 Oktober 2020 14:06
Tokoh KAMI Diborgol, Rizal Ramli: Mereka Bukan Teroris atau Koruptor

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pakar ekonomi Rizal Ramli ikut berkomentar soal pemborgolan tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) saat konferensi pers oleh aparat kepolisian.

Melalui akun twitternya, @RamliRizal, Rizal Ramli mengatakan pemborgolan Jumhur, Syahganda dan tokoh KAMI lainnya oleh polisi mungkin dimaksudkan memberikan efek jera.

Advertisement

Namun, tindakan itu, kata Rizam Ramli, tidak akan efektif dan hanya akan merusak image polisi sebagai alat kekuasaan. Menurut dia, tindakan itu adalah off side yang terlalu jauh.

“Kapolri, Mas  Idham Azis mungkin maksudnya memborgol Jumhur, Syahganda dkk supaya ada effek jera. Tetapi itu tidak akan effektif dan merusak image Polri, ternyata hanya jadi alat kekuasaan — it’s to far off-side ! Mereka bukan terorist atau koruptor,” tulis Rizal Ramli.

Baca: Patroli Terpadu, Kurangi Titik Panas di Sumatera

Sebelumnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie juga ikut berkomentar soal pemborgolan tokoh KAMI di konferensi pers oleh aparat kepolisian.

Jimly menilai apa yang dilakukan aparat, terutama memborgol untuk disebarluaskan tidaklah pantas. Bahkan, menurut Jimly, penangkapan tokoh KAMI saja sudah tidak pantas.

“Ditahan saja tdk pantas apalagi diborgol utk kepentingan disiarluaskan,” tulis Jimly di akun twitternya, @JimlyAs. (bpc4)