2,1 Juta Orang di Indonesia di-PHK, Pak Presiden!

Rabu, 12 Agustus 2020 14:31
2,1 Juta Orang di Indonesia di-PHK, Pak Presiden!

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Angka pekerja yang di-PHK selama COVID-19 di Tanah Air tercatat terus bertambah. Hal ini diakui oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto.

“Berbagai catatan menyebutkan [pekerja] yang  di-PHK karena Covid-19 meningkat. Data kemenaker jumlahnya naik menjadi 2,1 juta orang, pekerja migran 34 ribu orang dipulangkan, dan yang masih di-compile datanya 1,4 juta orang,” katanya dalam acara Rakornas Apindo 2020 secara virtual, Rabu, 12 Agustus 2020, seperti dikutip dari bisnis.com.

Advertisement

Airlangga mengatakan, tingkat kemiskinan Indonesia juga melonjak dari 9,41% menjadi 9,78 persen dari total penduduk. Meski demikian, dia mengungkapkan beberapa indikator sudah menunjukkan kenaikan atau geliat perekonomian pada fase normal baru atau new normal. 

Dia mencatat angka indeks manufaktur atau Purchasing Managers’ Index (PMI) Indonesia bergerak ke angka 46,9. Menurutnya, perbaikan juga ditunjukkan pada sektor otomotif lantaran sudah mulai ada permintaan dari kendaraan.

Baca: Tolak Sertifikasi Penceramah Kemenag, Sekjen MUI Nyatakan Siap Mundur

Dalam catatannya, sektor paling terdampak wabah corona yakni usaha makanan dan minuman, akomodasi, dan transportasi. Penurunnya sangat signifikan, dan diklaim menjadi fokus perhatian pemerintah.

“Kita punya target pada 2022-2023 terjadi pemulihan, baik kesehatan maupun ekonomi,” katanya. (bpc2)