Dongdaemun Design Plaza, Mal Baru di Seoul

Senin, 24 Maret 2014 12:42

BERTUAHPOS,COM – Dongdaemun Design Plaza menjadi pusat perbelanjaan baru yang dibuka untuk umum pada akhir minggu kemarin, di Dongdaemun, Seoul, Korea Selatan. Dirancang oleh pemenang Pritzker Prize, Zaha Hadid, pusat perbelanjaan bergengsi itu dibangun dengan biaya USD 451 juta atau sekitar Rp 5,1 T.

Zaha yang merupakan arsitek kenamaan Irak-Inggris itu memberi sentuhan futuristik pada desain plaza itu, dan menambahkan kurva berbentuk pesawat ruang angkasa di bagian atasnya.

Seperti dikutip dari CNN, Dongdaemun Design Plaza akan menjadi tuan rumah untuk konser, konvensi dan acara besar lainnya sepanjang tahun ini di Seoul. Salah satunya adalah Seoul Fashion Week 2014 yang rencananya akan dihelat di landmark terbaru dan pusat budaya baru di Seoul itu.

Sebagian besar mal yang berada di distrik Dongdaemun, umumnya buka sampai pukul 05.00, namun ada juga yang buka sampai 24 jam. Dongdaemun atau secara harfiah diartikan Gerbang Timur, biasanya dibanjiri pembeli, terutama pada malam hari.

Baca: Akhir Pekan, Harga Cabai Merah di Pekanbaru ‘Pedas

Pembangunan Dongdaemun Design Plaza dimulai pada 2007 dan selesai pada 2013. Bangunan seluas 5.000 meter persegi ini juga memiliki sebuah museum, laboratorium desain dan ruang seni. Pusat perbelanjaan yang buka selama 24 jam ini juga akan menampilkan pameran desain karya Zaha Hadid. Desain-desain itu akan ditampilkan dalam delapan pameran yang berbeda.(mer/smr)