Riau Didorong Perkuat Ekonomi dengan Membangun BUMD Perkebunan-Kehutanan

Rabu, 04 November 2020 18:12
Riau Didorong Perkuat Ekonomi dengan Membangun BUMD Perkebunan-Kehutanan
Penandatangan nota kesepahaman sektor lingkungan antara Pemprov Riau dengan LAMR

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Riau didorong membuat BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) perkebunan dan kehutanan untuk memperkuat perekonomian daerah di dua sektor tersebut. Dorongan ini datang dari LAMR (Lembaga Adat Melayu Riau).

Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan, BUMD khusus terkait perkebunan dan kehutanan sebenarnya sudah menjadi harapan masyarakat Riau sejak dulu. Namun hingga kini belum terealisasi.

Advertisement

“Kita bisa mengelola sawit dan HTI sendiri dengan mengedepankan masyarakat Riau untuk membuka ruang lebih besar pada lapangan pekerjaan,” katanya, Rabu, 4 November 2020.

Dia menyayangkan Riau mempunyai luas perkebunan kelapa sawit besar, namun tak ada perusahaan yang berafiliasi ke pemerintah daerah menggarap sektor ini. Hal yang sama juga bisa dimaksimalkan untuk sektor kehutanan.

Baca: Riau Perketat Protokol Kesehatan di Kantor Pemerintah

BACA JUGA:  Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Diminta Buka Data Efektivitas Kebijakan Covid-19

“Saat ini boleh dikatakan tidak seberapa yang dikelola oleh masyarakat Riau. Untuk itu sebagai mewakili masyarakat, mengharapkan Gubernur Riau bisa untuk membuat BUMD terkait perkebunan dan kehutanan,” ungkapnya.

Dorongan ini disampaikan LAMR pada saat penandatanganan nota kesepahaman tentang kegiatan lingkungan hidup dan kehutanan di gedung Balai Adat Melayu Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Gubernur Riau Syamsuar hadir dalam pertemuan ini. Pihak lain yang juga hadir yakni Ketua Umum MKA LAMR Datuk Seri Al Azhar, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau Murod dan undangan lainnya. (bpc2)