Ancaman Abrasi di Rimba Melintang, Pemkab Rohil Baru Akan Cari Solusi

Sabtu, 23 Mei 2020 10:43


BERTUAHPOS.COM, ROHIL – Warga yang tinggal di Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir kian khawatir dengan ancaman abrasi dari air sungai di wilayah itu. Sementara Pemkab Rohil, setakat ini baru akan mencarikan solusi terhadap masalah ini.

Bupati Rohil, Suyatno, sudah melihat langsung bagaimana air sungai telah mengikis tebing-tebing tanah yang runtuh. Sebelumnya di kawasan yang ditinjau Suyatno ada sebuah mesjid, namun telah roboh akibat abrasi.

Warga meminta masalah ini kiranya bisa disikapi serius oleh pemerintah daerah. Sebab jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan abrasi akan lebih luas, hingga mengancam pemukiman warga.

“Kami akan bicarakan dulu masalah ini dengan berbagai pihak. Hal yang paling penting untuk mengatasi abrasi yakni harus ada kajian tersendiri sehingga didapati solusi yang tepat. Air sungai begitu cepat mengikis tebing,” katanya.

Baca: Rohil Diizinkan Menkeu Lanjutkan Kegiatan DAK

“Kita akan carikan solusi agar abrasi tidak semakin menggerus sehingga dapat menyelamatkan aset dan warga yang dipinggiran sungai,” tambah Suyatno.

Di Riau, tidak hanya di Kabupaten Rohil yang berada dalam ancaman abrasi. Beberapa daerah lain terutama di bagian pesisir sejak lama sudah didera masalah serupa. Seperti di Kabupaten Kepulauan Meranti, Inhil, Bengkalis, dan beberapa daerah lainnya.

(bpc3)