ICMI Riau : Silaturrahmi Jangan Putus Karena COVID-19

Sabtu, 23 Mei 2020 11:01

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wilayah Riau, Prof. Dr. Alaidin Koto mengingatkan kepada warga agar tetap menjaga silaturrahim meskipun Riau kini tengah dihadapkan masalah COVID-19.

“Kami mengingatkan kepada setiap warga khususnya di Riau agar tetap menjaga silaturrahim pada Idul Fitri. Walaupun saat ini kita tengah dilanda wabah mematikan,” ungkapnya kepada Bertuahpos.com, Sabtu, 23 Mei 2020.

Dia menjelaskan, dukungan teknologi yang serba canggih saat ini telah memungkinkan bagi muslim untuk bisa menjalin dan menjaga tali persaudaraan terutama pada sesama muslim.

“Kalau memang orang tuanya ada di Pekanbaru, sama-sama tinggal di Pekanbaru, saya rasa tidak ada salahnya kalau kita mengunjunginya. Asalkan protokol kesehatan tetap dijalankan. Terutama kepada orang tua ya, bertemu, bertatap muka tentulah menjadi hal yang berbeda dengan kita hanya dilakukan dengan virtual,” jelasnya.

Baca: Jadwal Berbuka Hari Ini, Selasa 19 Mei 2020 untuk Pekanbaru dan Sekitarnya

ICMI Wilayah Riau, kata Alaidin Koto, sangat memahami kondisi dan situasi yang terjadi saat ini. Dia menyebut ICMI junga mendukung penuh kebijakan pemerintah melarang mudik. Namun perlu disadari bersama bahwa hal itu bukanlah halangan untuk tidak saling bersilaturrahmi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Riau, dr. Indra Yovi sebelumnya juga menegaskan hal yang sama. “Tidak pulang kampung bukan berarti silaturrahim terputus. Kondisi ini hanya untuk sekentara. Kita tidak mudik sekarang supaya kita bisa bertemu dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun depan. Kami harap warga memahami itu,” uangkapnya. (bpc3)