Usir Stres, Cari Pangkal Masalahnya

Jumat, 17 Mei 2013 11:52

BERTUAHPOS, Jakarta – Pemicu stres bisa datang dari mana saja. Bisa dari pekerjaan di kantor yang tidak selesai-selesai, dibentak-bentak terus dengan si bos, dan masalah rumah tangga lainnya.

 

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk menjaga hidup ini “in control”, dalam artian berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Namun terkadang walaupun kita sudah melakukan segala hal dengan kontrol penuh, ada saja hal yang tidak sinkron sehingga membuat kita stres.

 

Baca: Soal LGBT, Ustaz Maliki: Itu Dilaknat Allah

“Anda perlu mencari akar permasalahan dari stress tersebut bila ingin stress cepat hilang,” kata Barry Claasen dalam acara media workshop bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Jakarta, Kamis (16/5).

 

Menurutnya, bahaya stres tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh secara psikis tetapi juga secara fisik. Manajemen stres yang baik sangat diperlukan supaya dampak stres terhadap kesehatan tubuh tidak terlalu parah.

 

“Banyak orang berpikir stres hanya berakibat pada mood yang menyebabkan si penderita cepat marah, mudah tersinggung dan sering murung,” ungkap Barry

 

Tarik napas dalam

 

Menarik napas dalam-dalam adalah salah satu trik tertua menghilangkan stres. Pakar penapasan Joan Witkowski berpendapat, meluangkan waktu sejenak dan menarik napas panjang adalah cara paling dasar menjaga keseimbangan tubuh. Ini juga cara efektif melepaskan ketegangan di tempat kerja.

 

“Kita bukan mesin yang harus terus bergerak. Mengambil jeda tanpa perlu berpikir, dan fokus pada pernapasan memberi perbedaan besar. Melakukannya secara teratur akan meningkatkan energi dan fokus yang tetap stabil,” ujarnya.

 

Ada beberapa cara pernapasan sederhana untuk mengatasi stres di tempat kerja. Anda bisa melakukannya sembari duduk di meja kerja, seperti dikutip Huffington Post.

 

Momen jeda

 

Duduk diam selama satu atau dua menit dan fokuskan untuk mengambil napas dalam. Tindakan ini memindahkan Anda dari sistem saraf simpatik.

Ditandai dengan aktivitas penuh dan ambisius menjadi sistem parasimpatis yang merilekskan tubuh. “Cara ini mempertahankan aliran energi yang stabil,” katanya.

 

Tersenyum

 

Sangat sederhana: tutup mata, buang napas dan tersenyum. “Lakukan beberapa kali sampai Anda merasa senyum menyebar ke seluruh tubuh,” saran Witkowski. Cara ini menimbulkan efek menyenangkan.

 

Cari angin

 

Cari tempat baru saat Anda merasa tertekan dengan tenggat pekerjaan. Berjalan selama lima menit di sekitar kantor atau di luar ruangan dapat membantu Anda mengatur ulang ritme tubuh.

 

“Saat ketegangan terasa, dan Anda merasa tidak dapat menemukan cara untuk bernapas di dalam ruangan, bangun dan carilah udara segar di tempat lain,” katanya. (inilah.com)