Tidur Siang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak Anak

Rabu, 25 September 2013 06:39
BERTUAHPOS – Sudah sejak lama tidur siang dianggap sebagai hal yang baik untuk anak-anak, terutama pada anak yang belum bersekolah. Sekarang penelitian terbaru mengungkap manfaat di balik tidur siang bagi anak-anak.
 
Berdasarkan uji coba yang mereka lakukan, anak yang telah tidur siang diketahui memiliki ingatan yang baik dibandingkan ketika mereka tidak tidur siang. Efek tidur siang ini bahkan cukup lama hingga keesokan harinya. Penelitian mengungkap bahwa tidur siang bisa membantu meningkatkan kinerja otak anak, terutama dalam hal ingatan.
 
“Kami menemukan bukti pertama bahwa tidur siang penting untuk anak yang belum sekolah. Tidur siang membantu mereka mengingat lebih baik tentang apa yang mereka pelajari di tempat bermain,” ungkap peneliti Rebecca Spencer dari University of Massachusets, seperti dilansir oleh Live Science (23/09).
 
Penelitian ini dilakukan pada 40 anak dari enam playgroup di Massachusets. Mereka diminta untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan ingatan visual. Hasilnya anak-anak yang tidur siang diketahui bisa menjawab tes dengan lebih akurat dan benar dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang. Perbandingan tingkat akurasi adalah 75 persen dibanding 65 persen. Efek ini juga membuat mereka lebih akurat mengerjakan tes esok harinya.
 
Berdasarkan penelitian di atas, tampaknya keputusan para ibu untuk memaksa anaknya tidur siang adalah keputusan yang benar demi kecerdasan anak-anak mereka. Apakah anak Anda teratur tidur siang setiap hari?
 
 
 
(merdeka.com)