Ternyata Minum Kopi Sebelum Olahraga, Efeknya Luar Biasa

Senin, 29 Juni 2020 05:50
Ternyata Minum Kopi Sebelum Olahraga, Efeknya Luar Biasa
ilustrasi: pixabay

BERTUAHPOS.COM(BPC) – Olahraga lebih efektif bila didahului dengan minum kopi. Kopi dengan aroma yang wangi, memang menghadirkan kenikmatan tersendiri saat menikmatinya. Selain itu kandungan kafein dalam kopi akan membuat semangat kerja makin terpacu dan metabolisme tubuh berjalan lebih cepat.

Sebuah studi di Spanyol menyebutkan bahwa para atlet yang minum kopi sebelum melakukan latihan rutinnya, maka kalori tubuh mereka terbakar 15% lebih dalam jangka waktu 3 jam usia kegiatan tersebut. Itu lebih banyak ketimbang atlet yang tak minum kopi.

Jurnal Internasional Sport Nutrition and Exercise Metabolism yang mempublikasi studi tersebut juga menyebut manfaat lain yang diperoleh jika para olahragawan minum kopi dahulu sebelum latihan. Apa saja manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga? Berikut penjelasannya:

Sirkulasi darah lancar
Kopi dengan kandungan kafein akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh hingga 30 %, usai 75 menit meminumnya. Ini merupakan hasil studi dari sekelompok peneliti Jepang.

Baca: Ramadan Bersama Wanita, Raithah Si Perempuan Dungu (Bagian 3)

Mengurangi nyeri
Studi yang dilakukan ilmuwan University of Illinois menyebut bahwa minum 2-3 cup kopi sebelum olahraga berat 30 menit, maka rasa nyeri otot akan berkurang dirasakan. Kafein akan mendorong otot bekerja lebih keras.

Memori bagus
Penelitian di Johns Hopkins University tahun 2014 menyebutkan, memori seseorang akan meningkat lebih baik usai minum kopi berkafein, hingga 24 jam sesudahnya. Ini adalah hasil pengamatan terhadap sekelompok orang yang diberi serangkaian gambar untuk diingat. Mereka yang minum kopi lebih ingat dengan gambar yang dilihat, dibanding yang tidak.

Kekuatan otot
Kafein dalam kopi juga membantu lansia yang mulai kehilangan kekuatan ototnya akibat usia. Efeknya dapat dilihat pada otot diafragma, dan otot rangka.

Bahan bakar
Usai olahraga, maka atlet butuh asupan kopi juga untuk mengganti energi yang hilang di otot. Kopi menjadi bahan bakar otot yang efektif, selain tentu konsumsi karbohidrat dan protein. Usai olahraga minum secangkir kopi akan sangat bermanfaat.

(bpc4)