Profesor Wiku: Masker Kain Dianjurkan untuk Cegah COVID-19

Minggu, 05 April 2020 05:39

BERTUAHPOS.COM – Masyarakat secara meluas disarankan untuk mengenakan masker kain, sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Sebelumnya, himbauan mengenakan masker hanya untuk kepada orang sakit. Tapi saat wabah corona semakin berkembang, orang yang sehat pun dianjurkan untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah dan ketika berinteraksi dengan orang lain.

“Masker kain digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum dan saat berinteraksi dengan orang lain,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Profesor Wiku B. Adisasmito.

Pesan ini dia sampaikan kepada masyarakat saat konferensi pers berlangsung di BNPB, Jakarta Timur, Sabtu, 04 April 2020, seperti dikutip dari detikcom. Tidak dijelaskan alasan secara rinci mengapa masker kain yang lebih dianjurkan untuk dikenakan masyarakat, ketimbang masker jenis lainnya.

Baca: Rilis Skuad Piala Dunia 2018, Jerman Tinggalkan Sane

Dalam kesempatan tersebut, Profesor Wiku juga menghimbau masyarakat untuk menunjukkan rasa solidaritasnya dalam melakukan pencegahan virus corona. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan masker kepada orang lain sebagai perlindungan diri sendiri dan orang lain.

“Karena kita ingin melindungi diri kita, dan kita ingin melindungi orang lain,” ujarnya. (bpc3)