Ini Tips Membeli Rumah Baru untuk Pasangan Muda

Minggu, 21 Juni 2020 09:42
Ini Tips Membeli Rumah Baru untuk Pasangan Muda
Tips Membeli Rumah Baru

BERTUAHPOS.COM — Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap pasangan mudah. Wajar kalau mereka tidak betah tinggal berlama-lama di rumah mertua. Pentingnya mengetahui bagaimana tips membeli rumah baru.

Memiliki rumah sendiri lebih besar peluang bagi pasangan muda untuk cepat belajar hidup mandiri. Susah senang dinikmati bersama, sampai meraih kesuksesan dengan cara bersama tentu lebih indah.

Advertisement

Nah, melansir infografis dari Instagram @finfolkchannel, berikut ini 5 tips beli rumah untuk pasangan muda

Tips Membeli Rumah Baru, Tentukan Prioritas

Kalau kamu pasangan muda yang sangat mendambakannya rumah sendiri maka properti harus menjadi skala prioritas utama. Caranya, kesampingkan keinginan yang lain dan fokus pada skala prioritas. Misalnya kamu punya uang lebih, sudah cukup untuk beli mobil, tapi belum cukup untuk beli rumah. Maka jangan kamu beli mobil dulu, karena cicilan bulanan akan menjadi beban dan menguras kondisi keungan. Sehingga skala prioritas menjadi hilang. Jangan sampai gaji kamu cuma dihabiskan untuk bayar cicilan mobil.

Baca: 7 Tempat Tidur Ini Bisa Bikin Terlelap Dalam Sekejap

Tips Membeli Rumah Baru, Manfaatkan KPR

Untuk tahap awal tak perlu mimpi yang tinggi dulu. Kamu bisa memanfaatkan KPR untuk beli rumah pertama. Bahkan KPR bisa dimanfaatkan dengan tenor hingga 25 tahun. Jangan pikirkan soal bunganya yang mahal. Kalau mau menunggu sampai uang cash cukup untuk beli rumah mau berapa lama. Anggaplah dari tabungan gaji kamu bisa menabung selama 10 tahun kedepan. Tapi hara rumah sudah terlanjur mahal.

Tips Beli Rumah Ketiga, Bisa Coba dengan Cara Berinvestasi

Berinvestasi merupakan salah satu cara cepat bagi kamu untuk mengumpulkan dana cepat. Ini salah satu tips ya. Caranya, untuk kamu bisa DP rumah, penghasilan dipotong untuk dialihkan ke instrumen investasi lain.

Buatlah target. Misal uang DP harus bisa terkumpul 2-4 tahun lagi. Kalau usia kamu baru 22 tahun terget punya rumah di usia 27 kamu bisa mencoba instrumen investasi yang lebih berisiko, karena keuntungan yang akan di dapat pasti akan lebih besar. Misalnya, saham.

Tips Beli Rumah Keempat, Beli Rumah di Waktu yang Tepat

Waktu membeli rumah lagi booming, justru itu bukan masa yang tepat untuk membeli properti. Alasannya sederhana, pasti harganya lagi tinggi. Ini hukum pasar (suplai-deman) kalau jumlah permintaan banyak maka harga akan naik. Makanya, kalau mau beli rumah, belilah di saat pasar lagi sepi.

Tips Beli Rumah Kelima, Mewah-mewah Nggak Perlu, yang Penting Berkah

Punya rumah mewah memang dambaan setiap pasangan, apalagi pasangan muda. Nah, kita sering mendapati ada banyak sekali pasangan muda yang mempunyai ekspektasi (harapan) terlalu tinggi. Harus hati-hati, kondisi ini malah membuat kamu lupa dengan rencana keuangan yang benar. Untuk awal, cukup mendapatkan rumah sesuai dengan fungsinya, yakni sebagai tempat berlindung dan nyaman.

Semoga bermanfaat, ya…

(bpc3)