Tak Percaya dengan Pemerintah Mahasiswa dan Pemuda se- Riau Akan Bentuk Tim Satgas Covid-19 Independen

Sabtu, 26 September 2020 19:17
Tak Percaya dengan Pemerintah Mahasiswa dan Pemuda se- Riau Akan Bentuk Tim Satgas Covid-19 Independen

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Aliansi Mahasiswa dan Pemuda se-Riau akan membentuk Tim Satgas Covid-19 Independen, sebagai lembaga pengawasan kinerja Pemprov Riau dalam percepatan penangan Covid-19.

Koordinator Umum Aliansi Pemuda dan Mahasiswa se-Riau Zulkardi, pihaknya meragukan terhadap apa yang sudah dikerjakan Pemprov Riau dalam percepatan penanganan Covid-19.

Advertisement

“Tim Satgas Covid-19 Independen ini akan mengawal kerja pemerintah dalam penanganan wabah corona. Pengawasan terutama dari sisi penggunaan anggaran Covid-19 yang telah dialokasikan melalui APBD Riau,” ungkapnya.

Sebagai bentuk langkah awal rencana pembentukan Satgas independen ini, pihaknya telah duduk bersama dengan perwakilan mahasiswa se-Riau, dan meminta pandangan dari perwakilan DPRD serta akademisi dalam sebuah diskusi publik di Cafe Semut Hitam Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru, Sabtu, 26 September 2020.

Baca: Positif Corona Indonesia 24,538 Orang

Dijelaskan, secara gambaran umum, bahwa mereka sah-sah saja membentuk sebuah lembaga independen untuk mengawasi kinerja pemerintah, sesuai dengan fungsi kontrol sosial yang dimiliki.

“Kami berharap dengan hadirnya Satgas Covid-19 Independen bentukan mahasiswa dan pemuda di Riau, Pemprov lebih realistis dalam penggunaan anggaran dan tepat sasaran sesuai dengan yang diharapkan,” ungkapnya.

Menurut Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati, sangat memungkinkan bagi mahasiswa dan pemuda di Riau untuk membentuk Satgas itu. Satgas ini berfungsi sebagai kontrol terhadap setiap kebijakan pemerintah dalam mengalokasikan sisa anggaran Covid-19 di Riau. (bpc2)