Kemunduran Para Ulama dari MUI Riau Diduga Akibat Sarat Nuansa Politis

Sabtu, 02 Januari 2021 17:08
Kemunduran Para Ulama dari MUI Riau Diduga Akibat Sarat Nuansa Politis
Kantor MUI Riau di Jalan Sudirman Pekanbaru. (Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Setidaknya ada lima sampai tujuh ulama di Riau yang menyatakan mundur dari kepengurusan MUI Riau yang baru. Kemunduran para ulama dari kepengurusan MUI Riau, karena Musda MUI Riau pekan lalu, dilakukan dengan ‘nuansa’ berbeda, dan dianggap sarat dengan politis.

Salah seorang pengurus MUI Riau yang mengundurkan diri adalah Ustadz Yana Maulana. “Ada dinamika [di dalam MUI] sehingga saya memutuskan mundur,” katanya.

Advertisement

Bertuahpos.com sudah mencoba menghubungi Ketua MUI Riau Ilyas Husti untuk meminta penjelasan terkait persoalan ini. Namun sampai berita ini ditayangkan, dia belum memberikan jawaban apapun. Pesan yang dikirim redaksi Bertuahpos.com, sekitar pukul 16.37 juga sudah masuk, namun belum ada tanda centrang biru.

Menurut Yana Mulyana, ada hal-hal yang tak lazim dan tidak seperti Musyawarah Daerah [Musda] MUI Riau sebelumnya. Dia tidak mengatakan ada intimidasi dalam proses Musda tersebut. Hanya saja dia menegaskan memang ada hal-hal yang tidak biasa yang terjadi saat proses pemilihan Ketua MUI baru itu.

Baca: Sejarah Kebudayaan Islam: Nasab dan Keluarga Rasulullah SAW

“Saya juga tidak akan menyebutkan si anu, atau si anu. Tapi sangat disayangkan {Musda] MUI Riau kemari itu tidak seperti Muda sebelumnya. Jadi kental dengan nuansa politik, yang seharunya tidak seperti itu di lembaga majlis ulama,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sikap mengundurkan diri dari kepengurusan MUI Riau sebagai bentuk kekecewaan atas apa yang terjadi dari proses pemilihan tersebut. “Mundurnya saya, bukan hanya karena keinginan saya, tapi sudah dikonsultasikan dengan PW Persis di Pekanbaru dan Bandung,” sebutnya.

“Ketika saya menggambarkan begitu kondisinya, kurang kondusif, kemudian ada permainan politik, sara kita saya kurang tepat lah berada di dalam kepengurusan MUI Riau. Diperkirakan lima sampai tujuh orang lah yang mengundurkan diri itu,” jelasnya.

(bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 22 Januari 2021 13:01

Jangan Takut, Harta Allah Itu Tak Terbatas

#ISLAMPEDIA

Jumat, 22 Januari 2021 11:31

Pentumbuhan Penduduk Tertinggi di Riau Masih Terpusat di Pekanbaru

#SensusPenduduk #BPS #JumlahPenduduk #Riau

Jumat, 22 Januari 2021 11:28

Prospek Daya Beli Mobil Bekas di Riau 2021 Diprediksi Top Cer

#Bisnis #Otomotif #MobilBekas #Riau

Jumat, 22 Januari 2021 10:43

Viral, Penumpang Angkot Hanya Ingin Bayar Rp200 Perak

#RP200

Jumat, 22 Januari 2021 10:34

Trump Siapkan Pengacara Baru Hadapi Sidang Pemakzulan

#Trump #SidangPemakzulan #AS

Jumat, 22 Januari 2021 10:10

BPS Catat Jumlah Penduduk Riau Bertambah 855,72 Ribu Jiwa dalam 1 Dekade

#SensusPenduduk #BPS #HasilSensus

Jumat, 22 Januari 2021 09:54

Optimis Tol Pekanbaru-Bangkinang Rampung Sesuai Terget

#tol #pekanbarubangkinang #riau