Inilah Satu-satunya Perwakilan Riau dalam Uji Kompetensi Bahasa Inggris Oleh Kemendikbud

Sabtu, 14 November 2020 10:33
Inilah Satu-satunya Perwakilan Riau dalam Uji Kompetensi Bahasa Inggris Oleh Kemendikbud
Kegaitan pelatikan uji kompetensi oleh Kemendikbud RI. (Istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Afisi Sabri, S.Pd MM satu-satunya perwakilan Riau dalam kegiatan pelatihan Penguji Uji Kompetensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Dirjen Vokasi LSK yang diselenggarakan pada akhir Oktober 2020.

Kegiatan tersebut merupakan pelatihan SDM calon Penguji (Asesor) yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi berdasarkan program pada LSK Indonesia (Lembaga Sertifikasi Kompetensi). Tercatat sebanyak 68 peserta yang ikut kegiatan ini dari 33 provinsi di Indonesia. 

Advertisement

“Ini sebuah pengakuan mengenai legalitas keilmuan dan kemampuan menguji dalam bahasa inggris. Saya senang dapat kesempatan untuk memperkenalkan Riau dengan membawa nama baik dengan lulus seleksi untuk mengikuti pelatihan ini, mewakili Provinsi Riau” kata wanita yang akrab di sama Mam Fisi ini, Sabtu, 14 November 2020 di Pekanbaru.

Kegiatan ini bukan agenda rutin, melainkan hanya menyesuaikan dengan kebutuhan program kementerian semata, untuk memenuhi kebutuhan SDM asesor di bidang yang benar-benar dibutuhkan, dengan membuka dan merekrut seorang penguji di setiap provinsi di Indonesia.

Baca: Inilah Tiga Sekolah Termahal di Indonesia Versi Warganet, Hanya untuk Golongan Sultan

Mereka yang telah berhasil lulus akan menjadi ambasador atau Duta LSK Indonesia di bidang masing-masing kompetensi, (penguji untuk uji kompetensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Tujuannya untuk mengangkat skill (kemampuan) secara SDM sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. 

Afisi menyayangkan minimnya dukungan sponsorship baik dari Pemprov Riau maupun Pemko Pekanbaru termasuk kalangan perusahaan di Riau. “Tidak adanya sponsorship dan keterlibatan Dinas maupun perusahaan di Pekanbaru/Riau mungkin karena kondisi Covid-19,” ujarnya.

Meski demikian dia tampil secara mandiri dengan menyandang Vision Training Center Pekanbaru. Padahal, harapan untuk mendapat dukungan secara moril dan materil sebagai wakil Riau sangat dia harapkan dalam ajang bergengsi ini. 

“Jujur hanya kawan terdekat yang membantu secara pribadi. Beliau adalah Sekretaris Pemuda Pancasila Pekanbaru Mr. Kim. Orang pertama yang peduli untuk saat ini. Tak mungkin kebaikannya saya lupakan. Salam hormat kami di Vision Training Centre untuk beliau,” ujarnya.

“Program ini dibuat untuk anak negeri dan mereka yang benar-benar berkaitan dengan disiplin ilmu bahasa inggris. Bagi peserta yang lulus, mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai bidangnya dari Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud RI,” tutur Afisi. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 04 Desember 2020 20:34

Menanti Prioritas Pembangunan APBD Riau 2021

#apbd #opini #anggaran

Jumat, 04 Desember 2020 18:38

Kondisi Geografis Riau Hambat Distribusi Logistik Pilkada, Wagubri: Harus Ditangani Serius!

#pilkada2020 #pilkadariau #logistikpilkada

Jumat, 04 Desember 2020 17:34

Ada Dugaan Kartel, KPPU Nilai Ada yang ‘Aneh’ dengan Harga Bawang Putih

#bawanghputih #hargabawangputih #kartelbawangputih #kppu

Jumat, 04 Desember 2020 17:15

Habib Rizieq Hanya Bawa Pengacara Saat Diperiksa, Bukan Massa

#hbs #rizieq #rizieqdiperiksa #fpi

Jumat, 04 Desember 2020 16:50

Jabatan Plh Walikota Dumai Diperpanjang

#plh #walikotadumai #zulkiflias #kpk

Jumat, 04 Desember 2020 15:32

Kucing Hutan dan Musang Diamankan dari Tempat Wisata di Pekanbaru

#kucinghutan #satwaliar #satwadilindungi

Jumat, 04 Desember 2020 14:30

Aturan Baru Tarif Ekspor Sawit Efektif Berlaku 10 Desember Ini

#tarifekspor #sawit #bpdpks #kemenkeu #cpo

Jumat, 04 Desember 2020 13:30

BKD Riau Terganggu dengan Isu Pelantikan Pejabat

#pelantikan #pejabat #pemprovriau