Inilah Kolaborasi Lapak Berkah untuk Perbaikan Ekonomi Daerah

Rabu, 21 Oktober 2020 17:43
Inilah Kolaborasi Lapak Berkah untuk Perbaikan Ekonomi Daerah
Launching Program Lapak Berkah di Kantor PWI Riau, Pekanbaru. (Istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kolaborasi melalui program Lapak Berkah, merupakan salah satu cara bagi organisasi amal di Pekanbaru sebagai upaya untuk membantu memperbaiki kondisi perekonomian daerah, khususnya Riau.

Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Riau bersama dengan BNI Syariah dan Yayasan Hasanah Titik (YHT) memberikan  17 gerobak dan Modal usaha pada Penerima Manfaat (Mustahik). Mereka menggelar kegiatan itu di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau Jalan Arifin ahmad, pada Rabu, 17 Oktober 2020.

Advertisement

“Program Lapak Berkah memiliki penyebaran yang cukup luas di daerah Riau. Pada kesempatan ini, IZI mendapatkan kepercayaan Mitra YHT untuk mengelola dana Zakat, Sedekah, Infaq (ZIS) untuk disalurkan langsung kepada para Mustahiq,” kata Kepala Perwakilan IZI Riau Abu Daud dalam keterangan resminya yang dikirim ke Bertuahpos.com.

Dia menambahkan, sinergi yang dilakukan ini  agar cita-cita zakat dapat terpenuhi, dalam rangka mengelola dana zakat yang sangat potensial untuk diberdayakan guna mengentaskan kemiskinan 

Baca: BRK Cabang Siak Raih Penghargaan CSR di Hari Jadi Siak ke-18

“Kita bisa saling gandeng tangan bersinergi dalam rangka mewujudkan cita-cita Zakat, sehingga tidak ada lagi yang menerima zakat. Maksimalnya mereka bisa jadi muzakir dan minimal mereka bisa hidup mandiri (Mukhtafi) sehingga kehidupannya bisa lebih baik” tuturnya.

Kegiatan launching program pemberdayaan ini, turut diapresiasi oleh Pemkot Pekanbaru. “Kegiatan-kegiatan yang tersinergikan dapat membantu membangun memperbaiki perekonomian,” kata Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Hj Drg Helda Suryani Munir.

Dia menuturkan, apa yang dilakukan oleh organisasi amal ini merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat untuk memperbaiki kondisi perekonomian umat. Pemerintah berharap apa yang dilakukan YHT, IZI dan BNI Syariah menjadi cikal bakal lahirnya pengusaha-pengusaha yang bergerak dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satu penerima manfaat program, Lapak Berkah Sri, yang sehari-harinya berdagang sayur keliling telah dapatkan satu gerobak baru untuk melanjutkan kegiatan jualan sayurnya sehari-hari dan melalui bantuan dalam bentuk gerobak ini sangat membantu memudahkan aktivitasnya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk jualan keliling, karena kondisi gerobak sayur saya sudah tidak layak lagi” ungkapnya Supriyadi suami dari Ibu Sri, sambil menggambarkan   titik kerusakan gerobaknya lamanya. 

Perwakilan BNI Syariah Tatan Rosadi mengatakan dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan menambah penyaluran dana ZIS dari BNI syariah yang dikawal YHT disalurkan kepada Mustahik agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

“Semoga dengan kegiatan ini, bisa berkelanjutan dan bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik- baiknya dengan Mustahil, khususnya dalam perkembangan usaha teman-teman pelaku usaha. Mudah-mudahan semakin berkembangnya dan berkah,” harapnya. 

Selain perwakilan dari Pemkot Pekanbaru dan BNI Syariah, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Perwakilan PWI  Riau Amril. (bpc2/rilis)

Berita Terkini

Selasa, 01 Desember 2020 20:00

Basket, Olahraga yang Tak Sengaja Terciptakan

#BASKET

Selasa, 01 Desember 2020 18:04

Berikut Ini Daftar Kepala Dinas dan Biro di Provinsi Riau yang Terpapar Covid-19

#dinas #riau #pemprov #corona

Selasa, 01 Desember 2020 16:10

Positif Covid-19, Syamsuar Punya Riwayat Hipertensi

#syamsuar #gubri #positifcorona

Selasa, 01 Desember 2020 15:21

Siapun Ada Kontak dengan Syamsuar Saat Paripurna di DPRD, Mohon Segera Swab

#gubri #syamsuar #covid #corona

Selasa, 01 Desember 2020 15:02

Mulai Sore Kemarin Syamsuar Mengeluh Tak Enak Badan

#syamsuar #gubri #positifcorona

Selasa, 01 Desember 2020 14:39

Positif Covid-19, Gubri dan Istri Dirawat di Rumah Sakit dalam Satu Ruangan

#syamsaur #positifcorona #covid #coronadiriau

Selasa, 01 Desember 2020 14:01

Negara Terkunci Negara? Tentu Saja Ada

#NEGARA

Selasa, 01 Desember 2020 13:32

Bulog Diminta Jamin Stok Bahan Pokok Saat Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2021

#bapok #bulog #riau #tahunbaru2021