Pikun Salah Satu Gejala Corona? Ini Penjelasan Ahli

Sabtu, 17 Oktober 2020 13:39
Pikun Salah Satu Gejala Corona? Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi Lansia. (Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Para ahli mengemukakan kaum lanjut usia tidak menunjukkan adanya gejala khas saat mereka terinfeksi virus corona. Gejala Covid-19 pada lansia ditunjukkan dengan perubahan perilaku.

Staf Medis Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dokter Soedjono mengatakan pasien lansia yang ditanganinya tak menunjukkan gejala khas Covid-19 saat pemeriksaan awal. Rata-rata mengalami keluhan awam seperti kehilangan nafsu makan.

Advertisement

“Kalau gejala yang kita kenal kan sakit tenggorokan, demam, atau sesak. Kalau lansia ini biasanya hanya kehilangan nafsu makan saja, tidak khas sama sekali tahu-tahu mereka sudah positif,” jelas Soedjono, seperti dikutip daari CNNIndonesia.com

Dia menjelaskan, pendamping lansia untuk sensitif terhadap perubahan ini. Bahkan, kata dia, perubahan perilaku disertai pikun bisa menandakan ada penyakit berat di belakangnya atau menjadi gejala Covid-19 pada lansia.

Baca: 16 Staf dan 1 Anggota DPRD Riau Positif COVID-19

“Mereka menjadi agresif yang tadinya tenang. Yang tadinya mudah mengikuti rutinitas keseharian tiba-tiba sering menolak atau mondar-mandir tidak mau ikuti rutinitas yang dilakukannya selama ini,” kata dia.

Fenomena serupa juga dialami Ketua SMF Pulmonologi RSPI Sulianti Saroso Adrian Rusli. Ia mengatakan banyak pasien Covid-19 yang ditemuinya tidak menunjukkan gejala penyakit pernapasan sama sekali. “Misalnya saja leukositnya tidak tinggi tetapi merasa panas, seperti itu,” ujarnya.

Bahwa para perawat kalangan lansia ditekankan agara sensitif. Bahkan orang yang berada di sekelilingnya harus benar-benar dikenali dan dipastikan steril. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 11:37

Harga TBS Sawit di Riau Turun Sepekan Kedepan

#hargatbs #sawit #buahsawit #sawitriau

Rabu, 28 Oktober 2020 11:20

Maulid Nabi, Pemuda dan Spirit Perubahan

#sumpahpemuda #maulidnabi #opini

Rabu, 28 Oktober 2020 10:16

Sejak Ditukangi Pep, City Sudah Cetak 600 Gol

#BOLA

Rabu, 28 Oktober 2020 10:01

Facebook Respon Soal Hacker Iran yang Ganggu Pilpres AS

#hacker #facebook #pilpresas

Rabu, 28 Oktober 2020 09:30

Apa Masalah Kita?

#sumpahpemuda

Rabu, 28 Oktober 2020 05:00

Catatan Sejarah 28 Oktober: Lahirnya Sumpah Pemuda

#SUMPAHPEMUDA