Stres Bisa Sebabkan Asam Lambung

Jumat, 04 September 2020 10:59
Stres Bisa Sebabkan Asam Lambung
Dokter Billy Siahaan, Spesialis Penyakit Dalam (Oong/Bertuahpos)

https://bertuahpos.com PEKANBARU — Penyakit_asam_lambung Sering kita temui beberapa orang mengeluh sakit perut dan ulu hatinya dikarenakan stress bisa mengakibatkan naiknya asam lambung Karena dadanya sesak, dia pun dilarikan ke rumah sakit. Pihak keluarga menyatakan pasien mengidap penyakit asam lambung. Di rumah ia pun kritis, hingga nyawanya tak tertolong.

Benarkah stress bisa sebabkan penyakit asam lambung serta memicu kematian? Apa sebenarnya penyakit asam lambung itu? Dalam beberapa literatur menyebutkan asam lambung tidak mempengaruhi jantung apalagi hingga menyebabkan kematian mendadak. 

Advertisement

Namun jika tak tertangani tepat, memicu komplikasi. Asam lambung atau istilahnya gastrosophageal reflux disease (GERD) cenderung memiliki gejala serupa dengan penyakit jantung. 

“Gejalanya memang mirip-mirip. Sebenarnya gejalanya beragam. Begitu juga juga dengan sakit jantung, gejalanya panas dada dibilang magh. Makanya ada pasien magh umur 40 tahun ke atas yang ada faktor resiko, SOP-nya wajib rekam jantung,” kata dr Billy Pakharan Siahaan, spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Awal Bross, di Jalan Ahmad  Ahmad Yani, Pekanbaru.

Baca: Usai Jojo, Giliran Praven/Jordan Kalah di Final Jepang Open 2019

“Beda dengan penyakit jantung bawaan. Dari pandangan, penampakan wajah, keluhannya, dan dari bunyi jantungnya itu beda, sejak seseorang lahir atau akibat bayi premature itu kelihatan,” tambahnya.

Khusus penyakit asam lambung katanya banyak orang yang takut karena serangannya mendadak. Apalagi penyakit maag bisa diperburuk oleh asam lambung. 

“Ketika asam lambung naik menuju esofagus atau kerongkongan, bisa menyerang saluran pernafasan, bahkan sampai dibuat batuk. Karena saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung . Bisa juga menimbulkan nyeri ulu hati tadi,” tambah Billy. 

Pengidap penyakit asam lambung dan maag, umumnya diderita masyarakat perkotaan. Pemicunya tingkat stress yang tinggi. Ketika hormon lambung bergejolak, maka asam lambung langsung diproduksi. Dengan keseringan stres lama kelamaan akan merusak.

Bahkan pada kondisi-konsisi tertentu asam lambung tidak hanya di lambung, tapi naik ke tenggorokan, dan membuat rasa panas di dada. Dia menjelaskan ada banyak dampak asam lambung dalam kehidupan.

Bahkan kata Billy lagi, pertumbuhan janin dalam Rahim seorang ibu juga bisa terganggu. “Jadi pola jaga hidup lah, jangan lagi bergadang, tidak merokok, tidak minum kopi berlebihan, dan makan minum yang asam-asam,” tambahnya. (bpc5)