Tak Banyak yang Tahu Buah Mahoni Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan

Rabu, 09 September 2020 10:45
Tak Banyak yang Tahu Buah Mahoni Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan
Manfaat buah mahoni untuk kesehatan.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pohon mahoni banyak digunakan untuk tanaman penghijauan di tepi jalan di berbagai kota, termasuklah di Pekanbaru. Tanaman pohon ini dianggap mampu menyerap polusi dengan sangat baik. Namun, manfaat buah mahoni untuk kesehatan juga banyak lho.

Pohon ini bisa tumbuh hingga setinggi 30 meter dari permukaan laut. Nah, layaknya pohon pada umumnya, Mahoni juga menghasilkan buah yang ternyata juga bisa dikonsumsi. Teksturnya memang keras

Advertisement

Biasanya Mahoni hanya diambil batangnya saja untuk membuat furniture atau perabot rumah tangga, karena banyak warga sekitar yang tidak mengetahui banyaknya manfaat buah mahoni bagi kesehatan tubuh kita.

Nah, berikut ini manfaat buah mahoni untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit:

Baca: Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Suplemen bagi tubuh

Buah ini bisa dimanfaatkan sebagai suplemen yang dikonsumsi secara berkala namun jangan terlalu sering, karena bisa mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan.

Meningkatkan imunitas tubuh

Senyawa aktif dalam buah mahoni kaya dengan antioksidan yang ampuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi sembelit

Gangguan konstipasi sulit buang air besar, atau sembelit sering dialami banyak orang. Manfaat buah mahoni ini ternyata efektif dalam meredakan dan menyembuhkan berbagai gangguan tersebut.

Mengontrol gula darah

Kandungan saponin dalam buah mahoni berfungsi dalam menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Bahkan mengonsumsi ekstrak buah ini berguna untuk mencegah diabetes.

Dari penjelasan diatas kita dapat melihat beberapa manfaat buah mahoni bagi kesehatan tubuh kita. 

Nah, maka dari itu manfaatkan alam, selagi masih bisa dimanfaatkan, dan kita tidak boleh anggap remeh apapun karena semuanya yang diciptakan tuhan mempunyai banyak manfaat. (mg4)