Hilangkan Komedo dengan Bahan-Bahan yang Mudah Ditemui di Dapur

Kamis, 23 Januari 2020 11:14

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Komedo adalah jerawat ringan yang terkadang dirasakan sangat mengganggu penampilan. Terutama, komedo hitam, walau ada juga komedo putih.

Komedo disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan kosmetik yang tak sesuai, perubahan hormon dan minyak berlebih di wajah, sel kulit mati, bakteri, ataupun karena kulit terlalu kering.

Namun, bagi kamu yang tak sempat perawatan atau membeli produk kecantikan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur sebagai pengusir komedo.

Apa saja bahan dapur yang bisa digunakan sebagai pengusir komedo? Berikut telah bertuahpos.com rangkum dari fimela.com:

Baca: Kelopak Bunga Juga bisa Jadi Aneka Kolase Cantik

1. Air Hangat

Cara menghilangkan komedo dengan air hangat ini adalah yang paling murah dan paling simpel. Rebus air hingga mendidih, pindahkan ke wadah. Tunggu beberapa saat hingga uapnya dirasa tak lagi terlalu panas.

Selanjutnya, kamu bisa menhadapkan wajah kamu ke uap air panas tersebut. Uap air mampu membuka pori-pori kulit, sehingga kotoran yang menumpuk akan keluar dengan sendirinya.

2. Baking soda

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu cukup membuat pasta dari baking soda. Kemudian, oleskan pada wajah secara merata, bilas. Baking soda mampu mengelupas sep kulit mati yang menumpuk di wajah.

3. Kopi dan gula pasir

Gabungan dua bahan ini ternyata bisa dimanfaatkan menjadi scrub yang bisa mengangkat sel kulit mati di wajah, termasuk menghilangkan komedo.

Caranya simpel, buat pasta dari satu sendok makan kopi yang dicampur dengan air. Masukkan satu sendok gula pasir.

Selanjutnya, gosokkan pasta tersebut ke wajah secara merata, yang dilakukan selama satu menit. Bilas.

4. Garam

Cara penggunaannya adalah diuapkan, yakni memanaskan air yang telah diberi garam secukupnya. Hadapkan wajah ke uap air garam, sehingga pori-pori kulit terbuka dan kotoran keluar dengan sendirinya.

5. Madu

Ada banyak kegunaan madu, seperti menjaga kelembapan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan banyak lagi. Untuk menghilangkan komedo, cukup dengan mengoleskan pada wajah, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Itulah beberapa bahan-bahan yang ada di dapur yang bisa kamu gunakan sebagai penghilang komedo. Semoga bermanfaat. (bpc2)