Anak-anak Sekarang Cepat Menguasai Gadget

Selasa, 11 Februari 2014 10:04
BERTUAHPOS.COM  – Kecanggihan teknologi bukan hanya dinikmati orang dewasa saja. Anak-anak masa kini ikutan tergila-gila pada gadget terbaru. Malah riset teranyar mengungkapkan, begitu sukanya pada gadget, anak lebih cepat menguasai smartphone ketimbang mengikat tali sepatu sendiri.
Â
Mengapa mengikat tali sepatu? Seperti dikutip Baby Center, mengikat tali sepatu merupakan salah satu pencapaian penting untuk anak berusia mulai dari lima tahun. Anak berarti sudah menunjukkan kemandiriannya. Kemampuan motoriknya pun berkembang ketika dia mengikat tali sepatu ataupun mengkancingkan bajunya.
Â
Namun kini dengan hadirnya smartphone, anak ternyata lebih mampu memainkan gadget tersebut ketimbang mengikat sepatunya. Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan terhadap 6.017 orangtua dari berbagai negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Republik Ceko, Australia, Brazil, Kanada dan New Zealand.

Dalam survei tersebut diketahui, anak berusia dua tahun sudah mampu bermain gadget, lebih cepat dibanding melakukan pencapaian dasar yang sesuai di usia tersebut. Survei juga mengungkapkan 89% orangtua mengakui anak mereka sudah aktif di dunia maya pada usia 6-9 tahun. 65% anak menghabiskan waktu selama dua jam untuk bermain internet setiap minggunya. Dan di Amerika presentasenya lebih besar karena ada 12% anak yang bisa menghabiskan 10 jam setiap minggunya.

Berikut ini penemuan menarik lainnya soal anak-anak dan gadget sesuai survei yang diadakan perusahaan keamanan internet dan komputer AVG:

– 66% anak berusia 3-5 tahun bisa bermain game di komputer, tapi hanya 58% dari mereka yang bisa naik sepeda.
– 57% anak berusia 3-5 tahun tahu benar bagaimana mengoperasikan sebuah tablet, tapi hanya 38% dari mereka yang bisa menuliskan nama sendiri dan hanya 14% yang bisa mengikat tali sepatu.
– 47% anak bisa mengoperasikan smartphone, tapi hanya 26% yang bisa membuat sarapan sendiri seperti menyiapkan sereal atau membuat roti. (wolipop)

Â

Baca: Secangkir Teh Seharga Rp2,8 Juta, Ada yang Mau Beli?