Youtuber Turah Parthayana Tersandung Kasus Pelecehan Seksual

Kamis, 06 Agustus 2020 10:57
Youtuber Turah Parthayana Tersandung Kasus Pelecehan Seksual
Turah Parthayana. (@turahparthayana)

BERTUAHPOSM.COM, PEKANBARU – Nama Turah Parthyana mendadak trending jagat twitter hari ini, Kamis 6 Agustus 2020.

Turah Parthayana (TP) disebut telah melakukan pelecehan seksual terhadap JA, yang sama-sama mahasiswa Indonesia di Tomsk, Rusia.

Advertisement

Jehian Panangian Sijabat yang menyebutkan dirinya manajer dari TP menyebutkan bahwa kejadian pelecehan ini terjadi di asrama mahasiswa Indonesia Tomsk pada 23 November 2019 lalu.

Saat itu, TP, JA, dan seorang teman mereka, D, melakukan kegiatan menonton bersama. Saat menonton itulah, TP melakukan pelecehan seksual kepada JA.

Baca: Tagar #BupatiKlatenMemalukan Trending Twitter, Yani Sunarno Minta Maaf: Dana Pribadi Saya

“Setelah hari nonton bersama, JA mengaku telah mengalami pelecehan seksual oleh TP pada saat aktivitas menonton. Menurut pengakuan JA, TP melakukan 3 sentuhan seksual tanpa persetujuan JA (tidak akan dideskripsikan lebih lanjut),” tulis Jehian di akun twitternya, @jehianps.

Dilanjutkan Jehian, TP mengakui perbuatannya, dan mengajukan permohonan maaf dan penyesalan. Mediasi kemudian dilakukan dengan perantara perkumpulan pelajar Indonesia di Tomsk.

Setelah dua kali mediasi, masalah dianggap selesai, dengan permohonan maaf TP di hadapan mahasiswa Indonesia di Tomsk.

“Menurut TP dan Gokma, masalah ini diakhiri dengan pertemuan 2. Setelah kepindahan TP, dia putus kontak dengan mahasiswa Indonesia di Tomsk sebagai tanda penyesalan dan pengasingan diri.
*Seharusnya dibuat surat pernyataan kesepatakan TP dan JA, tapi tidak tercetak hingga skrg,” tambah Jehian.

Hingga saat ini, menurut Jehian, dirinya juga masih menunggi respon dari Turah. Sementara itu, Turah hingga hari ini belum memberikan keterangan apapun, baik di akun instagram ataupun channel youtubenya. (bpc4)