Urgensi Fiqh Dakwah Dalam Fiqh Realitas, (Fleksibelitas Idul Fitri 1441H Era COVID-19)

Senin, 25 Mei 2020 08:42
Urgensi Fiqh Dakwah Dalam Fiqh Realitas, (Fleksibelitas Idul Fitri 1441H Era COVID-19)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dakwah merupakan akrivitas yang begitu dekat dengan akrivitas kaum muslimin. begitu dekatnya sehingga hampir seluruh lapisan terlibat didalamnya.

Sayang, keterlibatan tersebut kurang atau tidak dibekali ‘Fiqh Dakwah’ sehingga kerusakan yang ditimbulkan jauh lebih besar daripada kebaikan yang diperbuatnya.

“Orang yang piawai dalam menyampaikan namun tidak memiliki pemahaman yang benar terhadap islam sama bahayanya dengan orang memiliki pemahaman yang benar akan tetapi bodoh didalam menyampaikan,” ujar Ustaz Sofyan Siroj.

Mengapa demikian? pertama akan menyesatkan kaum mukmin dengan kepiawaian retorikanya, sementara yang kedua akan menjadi ‘dalil’ bagi orang-orang kafir dalam kekafirannya.

Baca: Kebaikan Kecil yang Kita Lakukan akan Berdampak Besar

Dia menjelaskan, adapun Fiqh Dakwah merupakan sarana untuk menjembatani lahirnya pemahaman realitas (waqi’iyah) yang shahih terhadap Islam dengan didukung kemampuan yang baik didalam menyampaikan.

Sehingga dengan aktivitas dakwah ini umat dapat menyaksikan realotas ‘Islam’ dalam diri, keluarga dan aktivitas para dai yang melakukan perbaikan umat secara integral, mengeluarkan manusia dari pekat jahiliyah kepada cahaya Islam.

Allah berfirman : Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata ; ‘ sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. (Fushilat : 33)