UAS: Ini Pertama Kali Saya Sembelih Hewan Kurban

Jumat, 31 Juli 2020 13:27
UAS: Ini Pertama Kali Saya Sembelih Hewan Kurban

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ustadz Abdul Somad atau yang biasa dikenal UAS, tidak hanya menjadi khatib pada lebaran Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini, di Lapangan Horse Power di depan Mal SKA, Pekanbaru. Pada lebaran tahun ini merupakan pengalaman baru bagi Ustadz Abdul Somad, sebab dia diminta langsung bertindak sebagai penyembelih hewan kurban.

“Selama ini jangankan menyembelih sapi, menyembelih ayam pun saya tak pernah. Ini pertama kali saya menyembelih hewan,” kata Ustadz Abdul Somad, Jumat, 31 Juli 2020.

Advertisement

Ustadz Abdul Somad dalam proses penyembelihan sapi kurban didampingi oleh Lembaga Juru Sembelih Halal (Juleha). Sebuah lembaga yang memang sengaja dibentuk untuk mengedukasi umat bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar. mulai dari metode tata caranya, parang bilahnya sampai kepada bacaan yang disyariatkan.

“Ini berbeda dengan hari raya qurban terdahulu. Idul Adha tahun ini spesial, UAS langsung menyembelih sapi yg diqurbankan melalui Yayasan Tabung Wakaf Umat” kata Ketua Yayasan Alnof Dinar.

Baca: Manfaat Tidak Tidur Setelah Salat Subuh, Bikin Produktivitas Meningkat

Dikatakan Alnof, total hewan qurban yang dihimpun oleh YTWU adalah 26 ekor sapi dan 1 ekor kambing. 1 sapi dan 1 kambing disembelih di lokasi shalat ied dan selebihnya disalurkan ke daerah pedalaman suku Talang Mamak, Suku Akit, dan daerah pinggiran Kota Pekanbaru.

Sementara itu infak sedekah yang terkumpul berjumlah dari penyelenggaraan Idul Adha ini berjumlah Rp25 juta. Ada pula jemaah yang mewakafkan 10 gram emas dan mewakafkan uang sejumlah Rp15 juta. (bpc2)