Saudi Sarankan JCH Urungkan Niat Berhaji Tahun Ini

Kamis, 02 April 2020 05:34
Saudi Sarankan JCH Urungkan Niat Berhaji Tahun Ini

BERTUAHPOS.COM – Pemerintah Saudi Arabia menyarankan kepada setiap Jemaah Calon Haji (JCJ) sebaiknya menunda rencana kunjungan ke Mekah pada musim haji tahun ini. Itu berarti pelaksanaan ibadah haji tahun ini kemungkinan bisa dibatalkan akibat wabah corona.

Guardian menulis dalam laporannya bahwa, otoritas Arab Saudi menyarankan para calon jemaah haji untuk menunda rencana mereka mengunjungi Makkah pada musim haji nanti.

Advertisement

Pembatalan ibadah haji ini merupakan momen langka di sepanjang sejarah. Penutupan seperti ini pernah terjadi, tetapi kejadian itu lebih dari 200 tahun yang lalu.

Para pejabat Arab Saudi telah menyegel perbatasan Makah dan Madinah dari orang asing, sekaligus memberlakukan pembatasan di lingkungan kerajaan, sebagai upaya memberantas pandemi Covid-19.

Baca: Inilah Keutamaan Bulan Rajab, Sebagai Tanda Makin Dekat dengan Ramadan

Tercatat, sudah ada 1.500 kasus Covid-19 di Arab Saudi, dan 10 angka kematian. Menteri Arab Saudi untuk umrah dan haji, Muhammad Saleh Bin Taher Banten menyatakan jika kerajaan Arab Saudi siap untuk mengamankan keselamatan semua muslim dan warga negara.

“Itulah sebabnya kami telah meminta semua muslim di seluruh dunia untuk tetap menandatangani perjanjian apapun sampai kami memiliki solusi yang jelas,” tambah Muhammad Saleh Bin Taher Banten.

Melansir dari bisnis.com, Ibadah haji merupakan rukun iman yang harus dilakukan oleh umat muslim bagi yang mampu. Setiap tahunnya Arab Saudi kedatangan 3 juta jemaah dari seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah haji. (bpc3)