Perhatikan Lagi, Ini Lima Level Kekhusu’an Shalat Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Rabu, 03 Maret 2021 12:01
Perhatikan Lagi, Ini Lima Level Kekhusu’an Shalat Menurut Ustadz Khalid Basalamah

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ustadz Khalid Basalamah dalam salah satu ceramahnya mengatakan ada lima tingkatan atau level kekhusu’an dalam shalat.

Level pertama, adalah orang yang shalatnya berdosa. Orang di level pertama ini shalat karena disuruh, atau karena riya’. Dia tak peduli mau wudhu atau tidak. Karena itu, orang di level pertama, shalatnya malah berdosa.

Advertisement

Kemudian, ada level kedua, dimana orang shalat, tapi tak mendapatkan pahala. Karena tak ada kekhusuan didalamnya. Dari takbir hingga salam, hanya mengkhayal, jadi tak ada pahala di shalatnya.

Di level ketiga, adalah orang yang shalat, tapi hanya mendapatkan sedikit pahala. Orang ini shalat lebih banyak mengkhayalnya daripada fokusnya.

BACA JUGA:  Imam Duduk Rakaat Terakhir, Bagaimana Duduk Jemaah yang Terlambat?

Baca: Ketahuilah, Bahwa Kemarahan Tanda Setan Menguasai Anda, Ini Cara yang Dianjurkan Rasulullah

Di level keempat, adalah shalat yang lebih banyak pahalanya. Orang di level keempat ini berusaha untuk fokus dalam setiap bacaan dan gerakan shalat, walau masih ada beberapa saat mengkhayal. Namun, fokusnya lebih banyak daripada level ketiga.

Terakhir atau level kelima, adalah shalat yang dari awal sampai akhir fokus dan khusu’. Dalam riwayat, kata Ustadz Khalid Basalamah, ada sahabat Rasulullah SAW, Abu Said al-Khudri, yang mampu khusu’ dari takbir hingga salam. Wallahu a’lam bish-shawab. (bpc4)