Salat Dhuha Pukul Berapa?

Sabtu, 12 Juni 2021 06:32
Salat Dhuha Pukul Berapa?
Salat. (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ada yang bilang, waktu salat Dhuha adalah sebelum azan Zuhur. Ada juga yang bilang kalau salat Dhuha adalah pukul 10.00 WIB pagi.

Lalu, kapankan waktu salat Dhuha sebenarnya?

Advertisement

Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam kajiannnya tekah menjawab pertanyaan ini. Menurut UAS, waktu salat Dhuha dimulai sejak matahari naik setinggi tombak hingga 10 menit menjelang azan Zuhur.

“Waktu salat Dhuha itu adalah setelah matahati terbit setinggi tombak. Kenapa setinggi tombak, karena ini disebut waktunya setan. Jadi setan itu muncul bersamaan terbitnya matahari. Nanti setelah setinggi tombak, baru pergi setan itu,” terang UAS.

Baca: Inilah Hadis dan Ayat Al-Quran yang Melarang Muslim Berpacaran

BACA JUGA:  Ibadah yang Langsung Diperintahkan Allah kepada Rasulullah, Shalat

Dalil yang dipakai UAS adalah hadist riwayat Muslim yang berbunyi: “Kerjakan shalat shubuh kemudian tinggalkan shalat hingga matahari terbit, sampai matahari meninggi. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud.” (HR. Muslim no. 832).

Dilanjutkan UAS, setelah diukur dengan ilmu Astronomi, setinggi tombak itu sama dengan 15 menit. Jadi, waktu salat Dhuha dimulai 15 menit setelah terbit matahari.

Lalu, kapan terakhir waktu salat Dhuha? Menurut Ustaz Abdul Somad, akhir salat Dhuha adalah 10 menit menjelang azan Zuhur.

“Batasnya 10 menit jelang azan Zuhur. Kapan azan Zuhur, 12.14 WIB (Pekanbaru), maka waktu salat Dhuha sampai 12.04 WIB,” tutupnya. (bpc4)