Menikah Itu Butuh Ilmu, Tak Cukup Modal Bismillah

Senin, 20 Juli 2020 09:57
Menikah Itu Butuh Ilmu, Tak Cukup Modal Bismillah
Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri menjelaskan bahwa menikah merupakan ibadah yang tujuannya tidak lain bagaimana rumah tangga yang dibangun bisa menghartarkan seluruh anggota keluarganya ke surga.

Namun untuk mendapatkan tujuan itu, butuh ilmu yang cukup. “Makanya, selalu ada pertanyaan, antum sudah siap (untuk menikah?), ilmu apa yang antum punya tentang membina rumah tangga? nggak ada, buku apa yang sudah antum baca? nggak ada. Lalu apa modal Antum? bismillah. Yaelah, bismillah itu masuk rumah, mau masuk kamar mandi,” ungkapnya dalam sebuah tausiah yang diposting di akun instagram @fiqihwanita.

Advertisement

Dalam penuturannya, menjadi seorang suami atau istri itu tidak bisa hanya bermodalkan bismillah. “Jadi kalau mau ngikutin ulama terdahulu, ya ikutin dari awal. Belajar, belajar, adabnya diperbaiki, belasan tahun, siap untuk menikah.”

Menurut dia, intinya adalah perbaiki diri dan penuhi segala persiapan untuk menikah. Mengapa menikah itu tidak bisa hanya modal bismillah? Hal ini bisa dilihat dari tingginya angka perceraian di Tanah Air. Sekitar 20% dari angka pernikahan.

Baca: Pakai Pesawat Cuma Beberapa Jam, Bolehkah Jamak Salat?

Dan sangat disayangkan, mereka yang bercerai itu sebagian sudah belajar agama, sudah hijrah, sebagian sudah ngaji, dan sebagian dari mereka dalilnya adalah nikah muda. “Tapi mental belum kuat. Karena tidak dididik dari awal, dan tiba-tiba langsung dinikahkan. Nggak siap. Nggak ngerti gimana jadi ibu. Makanya ketika di tanya, apa persiapan Antum? Nggak ada,” ungkapnya. (bpc2)

View this post on Instagram

Banyak ikhwan dan akhwat ketika hijrah, atau orang tuanya dapat hidayah di usia 40 tahun lalu baca riwayat disunnahkan untuk menikahkan anak, lebih cepat lebih baik langsung buru-buru pada nikah, dan itu terjadi. Boleh ustadz ? Boleh ngga ada masalah. . Tapi yang perlu kita renungkan bersama sama. Para ulama itu banyak yang menikah muda, tapi basic mereka kuat. Mereka di didik dari kecil mereka di ajarkan iman dari kecil, seperti ibunda kita misalnya Aisyah rhadiallahu' anha. (Ustadz muhammad nuzul dzikri hafizhahullah) . Maka berilmu lah sebelum menikah agar setiap cobaan datang menghampiri kita bisa lewati, lewati dengan apa ? Ya dengan ilmu agama! . Penting untuk dimiliki !! (Paket hadiah pengantin) 📓 Mahkota Pengantin Bingkisan Istimewa Untuk Suami Istri 📓 Suami Istri Dalam Rumah Mungil Bahagia Penuh Bahagia 📓 Tuntunan Menggapai Keluarga Sakinah 📓 Fiqih Hubungan Intim ( harga promo 135rb dapat 4 buku ) . Pesan sekarang keburu stok habis ! . . Info & pemesanan : WA 0813-8137-8499 Atau bisa klik link di bio untuk pemesanan . Follow akun buku islami sesuai sunnah Instagram @pustakasurgawi Instagram @pustakasurgawi (Surganya buku islami) . . #menikahmuda #akhwatshalihah #bukuislami #bukusunnah #pusatbukusunnah #manhajsalaf #bacaanmuslim #muslimahsalafy #muslimahshalihah

A post shared by Fiqih Muslimah (@fiqihwanita_) on