Rusia Usir Kapal AS dan Ancam Akan Ada Kontak

Rabu, 25 November 2020 10:45
Rusia Usir Kapal AS dan Ancam Akan Ada Kontak
Ilustrasi: KAPAL tempur USS Montgomery (LCS 8) melakukan operasi rutin di dekat wilayah Capella Barat, Laut China Selatan pada 7 Mei 2020. Foto: US Navy via Bussines Insider

BERTUAHPOS.COM — Rusia mengusir kapal perang milik AS (Amerika Serikat) dan mengancam akan melakukan kontak dengan menabrak kapal itu jika perintah yang mereka berikan tidak direspon dengan baik.

Pengusiran kapal perang AS dilakukan dengan kapal perusak milik Rusia, saat mereka menerobos wilayah Moskow di perairan Pasifik, 24 November 2020.

Advertisement

Kementerian Pertahanan Rusia telah mengkonfirmasi mengenai upaya pengusiran kapal perang milik AS ini. Rusia menjelaskan USS John S. McCain, kapal perusak berpeluru kendali, menerobos teritorial Rusia dengan bergerak dua kilometer di luar perbatasan maritim ke Teluk Peter.

Dalam pernyataan resminya, “Jelas, kapal AS telah beroperasi secara ilegal di Laut Jepang dan langsung terlacak oleh Angkatan Laut Moskow,” bunyi pernyataan resmi itu seperti dikutip dari dari AFP, melansir CNNIndonesia.com, Rabu, 25 November 2020.

Baca: Sejuta Pejabat Korup Dihukum Pemerintah China

“The Admiral Vinogradov, kapal perusak anti-kapal selam di Armada Pasifik Rusia, mengirim peringatan ke kapal AS dan mengancam menggunakan manuver serudukan untuk mengusir penyusup keluar dari perairan teritorialnya.” 

Peringatan tersebut ternyata mendapat respon yang baik dari pihak militer AS. Mereka membawa kapal perang itu wilayah netral. Meski demikian Pemerintah Rusia menyatakan akan terus memantau bergerakan mereka.

Armada Pasifik AS menyatakan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan. Armada Pasifik AS menyebut USS John S. McCain berlayar secara sah di sekitar Teluk Peter. “USS John S. McCain telah menegaskan hak navigasi di wilayah itu dengan menentang klaim maritim Rusia yang berlebihan.”

(bpc2)

Berita Terkini

Selasa, 19 Januari 2021 22:31

Kata Bos WhatsApp: Kami Sadar Pengguna Bingung dengan Kebijakan Privasi

#WhatsApp #KebijakanPrivasi #teknologi

Selasa, 19 Januari 2021 21:30

Pukul 16.00-18.00 WIB, Jalan Patimura Hingga Ronggowarsito Sudah Diberlakukan Satu Arah

#Rekayasa #LaluLintas #regional

Selasa, 19 Januari 2021 20:30

Investasi BPJS Ketenagakerjaan Diduga Ada Penyimpangan

#BPJS #Ketenagakerjaan #finance

Selasa, 19 Januari 2021 19:10

GPMB Desak Kejati Periksa Gubernur Riau Syamsuar

#Kejati #DugaanKorupsi #GubernurRiau

Selasa, 19 Januari 2021 18:37

My Telkomsel Eror, Jadi Tranding di Twitter

#MyTelkomsel #teknologi #viral

Selasa, 19 Januari 2021 16:01

PSSI: Kami Berkomitmen dan Serius Terhadap Timnas Wanita

#TIMNAS #WANITA

Selasa, 19 Januari 2021 14:32

Tangkis Serangan China, Militer Taiwan Latihan Tempur Skala Besar

#internasional #militer #taiwan #china