Ditumbuhi Kista, Ginjal Seberat 7,4 Kilogram Diangkat Dari Tubuh Seorang Pasien Keturunan India

Selasa, 26 November 2019 19:12

BERTUAHPOS.COM – Idealnya, berat ginjal manusia 120 sampai 150 gram. Tapi sejumlah dokter di India berhasil mengangkat ginjal dengan barat 7,4 kilogram. 

Dinjal itu diangkat dari tubuh seorang pasien keturunan India. Ginjalnya menjadi tidak normal karena dia mengidap Autosomal Dominant Polycystic Kidney Disease, yang menyebabkan beragam kista tumbuh pada ginjalnya.

Seorang dokter yang terlibat dalam operasi, mengatakan ginjal berukuran besar lazim ditemukan pada pasien-pasien pengidap penyakit tersebut.

Akan tetapi, menurut Dr Sachin Kathuria dari Rumah Sakit Sir Ganga Ram di Delhi, dokter biasanya tidak akan mengambil organ kecuali ada gejala infeksi dan pendarahan internal mengingat fungsi ginjal penting bagi penyaringan di dalam tubuh.

Baca: Seret Penumpang Keluar, United Airline Bikin Geram China dan Vietnam

“Pasien ini terjangkit infeksi parah sehingga tidak merespons antibiotik dan ukuran besar ginjal menyebabkan pasien mengalami kesulitan bernpas. Dengan demikian, kami tidak ada pilihan kecuali mengambilnya,” papar Kathuria.

Ditambahkannya, para dokter sudah tahu bakal menemukan ginjal besar saat melakukan operasi. Namun, ukuran ginjal yang satu ini tetap membuat mereka terkejut.

“Ginjal dia yang lain bahkan lebih besar,” katanya, seperti dikutip dari BBC.

Ginjal terberat, menurut Rekor Dunia Guinness, adalah 4,5 kilogram. Namun, jurnal-jurnal urologi mencatat ada ginjal-ginjal yang lebih berat dari rekor Guinness. Berat sebuah ginjal di AS mencapai 9 kilogram, sedangkan ginjal dari Belanda 8,7 kilogram. (bpc3)