China Sudah Suntikkan Vaksin Covid-19 Secara Diam-diam

Selasa, 25 Agustus 2020 12:45
China Sudah Suntikkan Vaksin Covid-19 Secara Diam-diam
Ilustrasi.

BERTUAHPOS.COM — Secara diam-diam,  China ternyata sudah menyuntikkan vaksin Covid-19 pada orang-orang terpilih. Pihak berwenang di China mengklaim bahwa tindakan mereka tidak melanggar hukum.

South China Morning Post melaporkan pada Minggu malam, 24 Agustus 2020, China telah menyuntikkan kandidat vaksin corona sejak bulan lalu kepada orang-orang pilihan mereka.

Advertisement

“Pemerintah mengizinkan,” kata Direktur Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi Komisi Kesehatan Nasional China Zheng Zongwei dalam sebuah sesi wawancara khusus di CCTV.

Vaksin itu diketahui telah disuntikkan kepada petugas kesehatan dan pengawas di perbatasan. Zheng tidak menyebut apakah program itu melibatkan satu produk atau lebih.

Baca: Katanya Gerhana Matahari terjadi Ratusan Tahun Sekali, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Pekanbaru

“Petugas medis dan pengawasan perbatasan sengaja dipilih karena mereka lebih berisiko terpapar Covid-19. Sebagian besar kasus di China adalah import case. Jadi mereka lebih membutuhkan,” ujarnya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Tahapan selanjutnya, kata dia, penyuntikan vaksin Covid-19 akan berfokus pada pekerja industri transportasi dan jasa, hingga orang-orang di pasar.

Zheng juga tidak menyebut berapa banyak orang-orang pilihan yang telah disuntik vaksin. Keputusan ini dianggap sebagai bentuk kepercayaan pemerintah terhadap keberadaan vaksin. Dengan kata lain, mereka yakin bahwa ‘vaksin corona telah ditemukan’. (bpc2)