Catatan Sejarah 7 Desember: Perang Asia Pasifik Dimulai, Serangan Jepang ke Pearl Harbor

Sabtu, 07 Desember 2019 10:04
Catatan Sejarah 7 Desember: Perang Asia Pasifik Dimulai, Serangan Jepang ke Pearl Harbor

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – 7 Desember 1941, 353 pesawat tempur, pesawat bomber, serta pesawat torpedo dari angkatan laut Jepang tiba-tiba menyerang Pangkalan Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbor, Hawaii. Di Samudera Pasifik, setidaknya ada enam kapal induk sebagai pangkalan pesawat Jepang.

Serangan dadakan ini dilakukan pukul 07.38 pagi waktu Hawaii ini berhasil mengejutkan pihak angkatan laut AS. Pihak Jepang sendiri menargetkan serangan ini untuk melumpuhkan angkatan laut AS.

Laksamana Isoroku Yamamoto mengklaim kemenangan mutlak ada di tangan Jepang di Pearl Harbor. Angkatan Laut Jepang berhasil menenggelamkan 4 kapal battleship, 2 kapal perusak, serta beberapa kapal lainnya juga tenggelam, termasuk kapal penjelajah.

Pihak AS juga kehilangan 188 pesawat tempur, 155 lainnya rusak berat, dan 2.345 personel militer tewas. 1.247 lainnya luka-luka. 57 sipil juga ikut tewas dan 35 lainnya luka-luka.

Baca: Pasca Lebaran, Bom Mobil Meledak, 20 Orang Tewas

Pihak Jepang sendiri sebenarnya menargetkan kapal induk AS, USS Enterprise dan USS Lexington. Namun, kedua kapal induk ini tengah berada di luar Hawaii, sehingga Jepang gagal menenggelamkannya.

Dengan serangan ini, pihak AL AS lumpuh sementara. Jepang dengan mudah melanjutkan serangannya ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. (bpc2)