Susi Susanti: Sebelum Emas Barcelona, Tak Ada Atlet Mau Tukar Pin Indonesia

Selasa, 04 Agustus 2020 11:48
Susi Susanti: Sebelum Emas Barcelona, Tak Ada Atlet Mau Tukar Pin Indonesia
Susi raih emas Olimpiade Barcelona 1992

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Peraih medali emas olimpiade Indonesia, Susi Susanti memiliki pengalaman unik ketika memenangkan emas di Barcelona pada tahun 1992, terutama tentang pin Indonesia.

Menurut Susi, sebelum dirinya dan Alan Budikusuma meraih medali emas Olimpiade Barcelona, tak satupun atlet luar negeri yang mengenal Indonesia.

Advertisement

Saat di perkampungan atlet, banyak atlet yang saling bertukar koleksi pin antar negara. Namun, tak satupun yang mau bertukar dengan atlet Indonesia.

“Saya ingat, sebelum juara, tak satupun atlet yang mau bertukar pin dengan saya,” kata Susi, dikutip dari bolasport.com, Selasa 4 Agustus 2020.

Baca: Karir Mentereng Hendri Donal, Assistant Restaurant & Banquet Manager Batiqa Hotel Pekanbaru, Kejujuran Jadi Modal Utama

Tak disangka, di laga final olimpiade cabang bulutangkis, Susi kemudian keluar sebagai pemenang dan meraih. Dia mengalahkan wakil Korea Selatan, Bang Soo-hyun.

Sang pacar, Alan juga berhasil mendapatkan medali emas. Di final, Alan berhasil mengalahkan sesama atlet Indonesia, Ardy B. Wiranata.

Setelah mendapatkan medali emas, Susi dan Alan malah dikejar oleh atlet negara lain untuk saling bertukar pin.

“Mereka mau mencari, bertukar pin Indonesia,” tambah dia. (bpc4)