Pukulan Backhand ‘Mematikan’ Sang Legenda Batminton Kebanggan Indonesia

Sabtu, 31 Oktober 2020 12:15
Pukulan Backhand ‘Mematikan’ Sang Legenda Batminton Kebanggan Indonesia
Taufik Hidayat.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Indonesia pantas bangga memiliki Taufik Hidayat. Pebulutangkis yang terkenal dengan pukulan backhand ‘mematikan’ ini telah mengharumkan Ibu Pertiwi dengan seret torehan prestasi di dunia batminton. Mulai dari kejuaraan single event maupun multi event seperti Olimpiade dan Asian Games.

Beragam gelar bergengsi serta jejak sebagai penghuni peringkat pertama di dalam daftar pebulutangkis tunggal putra kian menegaskan sosoknya kekal sebagai seorang legenda. backhand smash mematikannya, sangat ditakuti lawan.

Advertisement

Para pendukungnya kerap menantikan momentum-momentum itu, lalu diluapkan dengan decak kekaguman, teriakan histeris yang disertai gemuruh tepuk tangan kebanggaan.

Ini sebuah ‘skil dewa’ yang menggetarkan lawan. Keras, cepat, terarah walau dia harus memunggungi lawannya. Sebelum melakukan backhand smash, Taufik Hidayat biasanya membuat reli-reli panjang di pertandingan.

Baca: Umat Islam Mencari Pemimpin Setelah Muhammad SAW

Sambil membaca arah dan permainan lawan, backhand smash kencang itu tiba-tiba muncul secara tak terduga. Begitulah ciri khas permainan Taufik Hidayat.

Seperti dalam materi yang diulas oleh CNNINdonesia.com dalam artikel berjudul: Taufik Hidayat, Raja Backhand yang Melegenda, (terbit 31 Oktober 2020), ada kalanya pukulan backhand milik Taufik, berhasil dikembalikan lawan.

Namun tak terarah, bahkan melebar atau membentur net dan tetap memberikan poin tambahan buat mantan andalan Indonesia di ajang badminton dunia itu.

Untuk bisa melakukan backhand dengan baik, Taufik juga memiliki kemampuan menggerakkan pergelangan tangan atau memutarnya untuk mengubah arah raket dan pukulan yang mampu menipu lawan.

Dia juga pernah mencatatkan rekor pukulan smesh backhand hingga 260 km/jam. Sebuah kemampuan langka.

Saking melegendanya, seniman Jepang Saki Kaori mengabadikan keistimewaan itu melalui sebuah komik berjudul: Smash!. Taufik Hidayat disebut sebagai legenda bulutangkis yang memiliki ciri khas backhand keras.

Taufik yang merupakan anggota dari empat pebulutangkis: Fantastic Four, selain Lee Chong Wei dari Malaysia, Lin Dan dari China dan Peter Gade, pebulutangkis asal Denmark.

Dia juga kerap melepaskan backhand smash kepada rekan-rekannya tersebut bila harus saling berhadapan di arena.

Tak berlebihan jika segudang prestasi dan kemampuan seorang Taufik Hidayat membuatnya disebut sebagai ‘Raja Backhand‘ yang melegenda. Ini menjadi inspirasi bagi sejumlah pebulutangkis internasional, seperti HS Prannoy dan Lee Zii Jia. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 03 Desember 2020 17:18

Pochettino Tertarik Latih PSG?

#PSG

Kamis, 03 Desember 2020 16:44

Dituduh Langgar Sanksi PBB, Ini Bantahan China

#china #as #pbb

Kamis, 03 Desember 2020 16:23

Hampir 21 Ribu Orang di Riau Sudah Positif Corona

#corona #covid #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:06

Begini Gambaran Literasi dan Inklusi Asuransi di Riau

#asuransi #ojk #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:01

Arsenal Siap Sambut 2,000 Fans di Stadion

#ARSENAL

Kamis, 03 Desember 2020 13:38

PBB Sebut Bantuan Kemanusiaan Meningkat  di Tahun Depan Akibat Covid-19

#pbb #bantuan #kemanusian #covid-19

Kamis, 03 Desember 2020 12:32

Kemenag Riau Diminta Himbau Masyarakat Tak Rayakan Natal dan Tahun Baru 2021

#natal #tahunbari2021 #liburpanjang #liburakhirtahun