Latih Kemampuan Public Speaking dengan Langkah Sederhana Berikut!

Sabtu, 24 Oktober 2020 04:39
Latih Kemampuan Public Speaking dengan Langkah Sederhana Berikut!

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kemampuan public speaking sangatlah penting. Perkembangan dunia bisnis menuntut itu. Orang-orang yang memiliki kecakapan berbicara di depan publik lebih diprioritaskan.

Bagi pemula, kamu bisa melatih kemampuan public speaking dengan beberapa langkah-langkah sederhana. Simak penjelasannya berikut ini. 

Advertisement

Berlatih di Depan Cermin

Cara satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Memang, dengan berlatih di depan cermin, kamu bisa mengoreksi setiap kalimat dan gerak tubuh yang kamu lakukan. 

Baca: Catatan 29 Oktober: Tragedi Jatuhnya Lion Air JT610

Mengikuti Organisasi atau Workshop

Cara selanjutnya adalah dengan rajin mengikuti organisasi atau workshop. Hal ini bisa membantu kamu melatih keberanian berbicara di depan orang banyak. Disini kamu bisa menilai sejauh mana orang-orang mengerti akan apa yang kamu ucapkan. 

Biasanya kalau yang kamu sampaikan kurang jelas, mereka akan meminta kamu mengulanginya. Ini salah satu cara kamu mengevaluasi diri kamu untuk kesempatan berbicara selanjutnya.

Perbanyak Referensi Pengetahuan

Public speaking bukan sekedar mampu cuap-cuap dengan percaya diri saja. Menjadi public speaker membutuhkan pengetahuan yang luas untuk disampaikan. 

Dengan begitu, orang-orang bukan hanya kagum dengan percaya diri yang kamu miliki, tapi juga kagum dengan pengetahuan yang kamu bagikan.

Menulis Poin-poin Penting

Agar yang kamu ingin sampaikan tidak keluar dari tema pembahasan, maka penting sekali untuk mencatat poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan. Ini tidak hanya berlalu bagi si pemula, tapi juga bagi orang-orang yang sudah terbiasa melakukan public speaking.

Belajar dari Ahlinya

Jangan pernah malu belajar dari orang lain. Bertanyalah kepada orang yang kamu anggap sudah memiliki kemampuan public speaking yang baik. Kamu juga bisa belajar dari tokoh-tokoh yang ada.

Nah, itu dia beberapa langkah-langkah sederhana bagi para pemula untuk melatih kemampuan public speaking. Ingat ya, kamu bisa karena terbiasa. Jangan takut salah, dan jangan berhenti berlatih. Selamat mencoba yaa! (mg11)

Berita Terkini

Minggu, 29 November 2020 17:32

Timnas U-16 akan Kembali TC di Sleman Desember Nanti

#TIMNAS

Minggu, 29 November 2020 15:12

Hikmah Kekalahan Perang Uhud

#UHUD

Minggu, 29 November 2020 14:01

Masharo Aoki, Pimpinan Pejuang Indonesia Orang Jepang

#PEJUANG

Minggu, 29 November 2020 12:31

Candi Muara Takus Bukti Lemahnya Kepurbakaan Lokal di Riau

#candi #muaratakus #purbakala #situssejarah #sejarahriau

Minggu, 29 November 2020 11:32

Inilah Sempolet, Makanan Khas Melayu Riau

#sempolet #makanankhas #khasmelayu #khasriau

Minggu, 29 November 2020 10:30

Awas! Bank Perlu Waspadai Serangan Cyber di Tengah Pandemi

#berbankan #cybercrime #keuangan

Minggu, 29 November 2020 09:30

Simak Penjelasan Berikut Agar ATM Kamu Tak Dibobol

#atm #tipskeuangan #bobolatm #perbankan