Mau Tampil Memukau Saat Berbicara di Depan Umum, Ini Triknya

Kamis, 24 September 2020 06:31
Mau Tampil Memukau Saat Berbicara di Depan Umum, Ini Triknya

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Public speacking di era digital sangat dibutuhkan sebagai salah satu poin penting untuk menunjang karir kamu. Namun ketahuilah bahwa berbicara di depan publik bukanlah perkara mudah.

Keberhasilan mempresentasikan sebuah materi di depan publik, sangat dipengaruhi banyak faktor. Diantaranya, pemilihan diksi, kalimat, intonasi, cara berbicara, dan yang paling penting penguasaan materi yang kamu presentasikan.

Advertisement

Ada banyak orang mumpuni dari sisi penguasaan materi namun lebah dalam cara berbicara di depan publik. Alhasil, tentu saja semuanya berantakan. Materi yang disampaikan menjadi tidak menarik dan membosankan.

Mempelajari kemampuan berbicara di depan publik, kini sudah menjadi disiplin ilmu tersendiri. Ada banyak buah pikiran para ahli komunikasi menjelaskan mengenai teori-teori, bagaimana kamu bisa sukses berbicara di depan umum.

Baca: Catatan Sejarah 3 Mei: Wafatnya Sultan Muhammad Al-Fatih, Sang Penakluk Konstantinopel

Namun, public speaking  tidak sebagatas ilmu yang dipelajari, melainkan ilmu yang ditularkan dan dipraktikkan. Faktor kebiasaan menjadi salah satu poin penentu, agar membuat kamu tampil memukau saat berbicara di depan umum.

Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu gunakan agar bisa tampil memukau saat berbicara di depan umum: 

Kuasai seluruh audiens. Coba perhatikan para penyanyi saat konser, apa yang pertama kali mereka sampaikan saat tampil di panggung? Umumnya mereka menyapa seluruh penonton dan menatap mereka semua.

Jangan hanya mengucapkan salam atau menyampaikan presentasi kepada satu bagian audiens saja. Buat semua audiens merasa terhubung dengan Anda secara personal. Gunakan kata-kata pengantar yang membuat audiens Anda merasa dihargai dan diperhatikan oleh Anda.

Kuasai emosi audiens. Pembicara yang baik akan berusaha mengenali emosi audiens terhadap topik yang dibicarakannya. Cara untuk menggali emosi ini bisa didukung dengan gambar, ilustrasi, cerita, atau video yang dapat menarik perhatian mereka.

Ulangi hal yang penting. Anda tentu ingin agar pesan yang Anda bicarakan sampai pada audiens dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk mengulang poin-poin penting yang perlu diingat oleh audiens dengan mengulangi kalimatnya di tengah atau di akhir. Dengan mengulanginya beberapa kali, audiens akan menyadari poin dari pesan Anda.

Hubungkan topik Anda dengan motivasi yang dimiliki audiens. Setelah audiens Anda tertarik dengan sebuah topik, coba diskusikan motivasi mereka datang ke sebuah acara tersebut secara spesifik. Hal ini akan membuat audiens Anda merasa terlibat dengan pembicaraan Anda.

Hibur audiens. Audiens akan merasa lebih dekat dan bersahabat dengan Anda ketika presentasi atau pembicaraan Anda mengandung ilustrasi lucu, humor, atau anekdot. Sisipkan humor ketika berbicara di depan umum agar audiens merasa lebih rileks dan tidak kaku.

Ceritakan pada mereka tentang manfaat dari apa yang Anda bicarakan. Pada awal presentasi Anda, ceritakan pada audiens apa yang akan mereka dapatkan dari apa yang Anda bicarakan. Jangan berharap mereka mau mendengar Anda dengan baik apabila Anda tidak memberikan arahan yang jelas. Ketika mereka tahu apa yang akan mereka dengar, umumnya mereka ingin lebih terlibat dan tidak mengabaikan Anda.

(mg6)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA