Catatan Sejarah 25 September: Hari Jadi Bandung

Jumat, 25 September 2020 05:00
Catatan Sejarah 25 September: Hari Jadi Bandung
Logo Kota Bandung 1928. (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kota Bandung mulai didirikan pada 25 September 1810 sebagai tempat pemukiman. Pelaksanaan pembangunan ini diperintahkan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels.

Tanggal 25 September kemudian dijadikan sebagai hari lahir Kota Bandung.

Advertisement

Kemudian, pada 1 April 1906, Bandung secara resmi mendapatkan status sebagai kota (gemeente). Status gemeente Bandung diresmikan oleh Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz.

Namun, menurut legenda, Bandung jauh lebih tua. Diceritakan, kata Bandung berasal dari kendaraan air yang terdiri dari dua perahu diiikat secara berdampingan. Perahu ini disebut Bandung, dan digunakan Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II untuk menyusuri Sungai Ci Tarum mencari ibukota baru.

Baca: ‘Rahasia Kemenangan’ Soeharto Memberantas PKI

Sementara, menurut filosofi Sunda, dikutip dari wikipedia, kata Bandung berasal dari kalimat sakral Nga-Bandung-an Banda Indung.

Nga-Bandung-an berarti menyaksikan atau bersaksi. Banda berarti segala sesuatu yang berada di alam hidup, bumi dan atmosfer, baik mahluk hidup atau benda mati. Indung adalah ibu, Ibu Pertiwi tempat Banda berada.

Jadi, menurut filosofi Sunda, Bandung berarti alam tempat semua mahluk hidup dan benda mati, yang lahir di pangkuan ibu pertiwi dan disaksikan yang Maha Kuasa. (bpc4)