Catatan Sejarah 23 Maret: Bandung Lautan Api

Selasa, 23 Maret 2021 05:01
Catatan Sejarah 23 Maret: Bandung Lautan Api

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tanggal 12 Oktober 1945, pasukan Inggris yang merupakan bagian dari Brigade McDonald tiba di Bandung.

Setibanya di Bandung, Inggris meminta seluruh penduduk untuk menyerahkan senjata yang mereka punya, terkecuali Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Namun, dari awal hubungan antara rakyat Bandung dan Inggris sudah buruk. Ditambah sikap orang-orang Belanda yang baru dibebaskan dari tawanan.

Bentrokan akhirnya tak dapat dihindari. TKR dan relawan rakyat menyerang kedudukan Inggris, termasuk Hotel Homann dan Hotel Preanger yang merupakan markas tentara mereka.

Baca: Catatan Sejarah 6 April: Protes Monopoli Garam Oleh Inggris, Mahatma Gandhi Mogok Garam

Inggris pada tanggal 24 November 1945 mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan, termasuk dari penduduk dan pasukan Tentara Republik Indonesia (TRI).

Setelah bermusyawarah, para pejuang Indonesia akhirnya meninggalkan Bandung pada 23 Maret 1946. Namun, sebelum meninggalkan Bandung, mereka membakar rumah dan gedung-gedung yang ada sehingga tak bisa digunakan Inggris.

Seorang wartawan Suara Merdeka menyaksikan Bandung yang terbakar kemudian menulis berita dengan judul ‘Bandung Lautan Api’, dari berbagai sumber. (bpc4)