Catatan Sejarah 15 April: Kim Il Sung dan Soekarno, Persahabatan Anggrek

Kamis, 15 April 2021 05:00
Catatan Sejarah 15 April: Kim Il Sung dan Soekarno, Persahabatan Anggrek

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Presiden Soekarno ketika berkuasa mempunyai cerita persahabatan unik dengan pemimpin Korea Utara, Kim Il Sung.

Tahun 1964, Soekarno melakukan lawatan kerja ke Korea Utara. Berkat lawatan Soekarno, Indonesia bisa membuka kedutaan besarnya di sana.

Advertisement

Kim membalas kunjungan Soekarno, dan melawat ke Indonesia pada tahun 1965. Dia juga membawa anak yang kelak menjadi penggantinya, Kim Jong Il.

Bung Karno memberikan kesempatan bagi Kim untuk ikut dalam kegiatan peringatan 10 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung.

Baca: Catatan Sejarah 10 Maret: Misi Negara, Marinir Usman Harun Ledakkan Singapura

Setelahnya, Bung Karno mengajak Kim ke Kebun Raya Bogor. Di situ, Bung Karno memberikan hadiah ulang tahun sebuah anggrek khusus kepada Kim Il Sung, yang lahir pada 15 April 1912.

BACA JUGA:  Polisi Jepang Tak Mau, Bung Karno Malah Dikawal Yakuza Sangar

Anggrek hadiah Bung Karno ini sangat disukai oleh Kim Il Sung. Bahkan, Anggrek ini diberi nama Kimilsungia, yang berarti nama Kim Il Sung dan Indonesia. Anggrek Kimilsungia ini kemudian menjadi bunga nasional Korea Utara.

Hingga kini, bunga Anggrek Kimilsungia menjadi pengikat persahabatan antara Indonesia dan Korea Utara, dari berbagai sumber. (bpc4)