Catatan Sejarah 10 November: Digempur Inggris, 40,000 Penduduk Surabaya Tewas

Selasa, 10 November 2020 05:00
Catatan Sejarah 10 November: Digempur Inggris, 40,000 Penduduk Surabaya Tewas

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dalam pertempuran Surabaya, Inggris menggempur Surabaya dengan kekuatan yang sangat besar

Pada 10 November 1945, tentara Inggris mengerahkan kekuatannya yang besar untuk menyerang Surabaya. Tak kurang dari 24.000 pasukan, 5 kapal perang penghancur, puluhan pesawat tempur, serta puluhan tank dikerahkan.

Lalu, apa sebenarnya alasan inggris menyerang Surabaya dan membunuh sedikitnya 40.000 warga sipil di Surabaya?

Wakil Panglima Tentara Inggris di Indonesia, Kolonel LHO Pugh ternyata pernah mengirimkan surat ke isterinya, yang berisikan alasan mengapa mereka harus menyerang Surabaya.

Baca: Catatan Sejarah 6 November: Wafatnya Cut Nyak Dien

Menurut Kolonel Pugh dalam suratnya, misi mereka adalah untuk menghukum Indonesia.

“…. yang telah memancung perwira Inggris, membunuh secara brutal orang Belanda, termasuk perempuan dan anak-anak,” demikian penggalan surat Kolonel Pugh kepasa isterinya, dikutip dari thejakartapost.com.

Alasan lain tentu saja terbunuhnya Brigjen. AWS Mallaby pada 30 Oktober 1945. Bahkan, selama Perang Dunia II, tak satupun jenderal Inggris yang terbunuh. Namun, di Surabaya, seorang jenderalnya tewas terbunuh.

Oleh sebab itu, Indonesia khususnya warga Surabaya yang menjadi korban terbesar dalam peristiwa tersebut. Apalagi, yang tewas di pihak rakyat Surabaya mencapai 40.000 orang, yang kebanyakan penduduk sipil tak bersenjata. (bpc4)