Perbankan di Riau Akan Gelar Donor Darah Bantu Gugus Tugas Tangani COVID-19, Catat Tanggalnya

Jumat, 10 April 2020 19:47

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Perbankan di Riau rencakan kegiatan donor darah guna untuk membantu tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Riau serta tenaga medis untuk menjamin ketersediaan darah di tengah wabah COVID-19. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 April 2020.

Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Riau, Decymus mengungkapkan, gagasan ini muncul setelah belajar dari kasus penanganan wabah corona di DKI Jakarta, dis waktu PMI kewalahan karena stok darah habis.

“Saya sudah komunikasi dengan Pak Gubernur dan beliau setuju. Kami akan menggelar donor darah di aula kantor Bank Indonesia (BI) Riau, lantai tiga, bekerjasama dengan PMI,” kata Decymus.

Dia menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan 250 pendonor. Kegiatan ini diharapkan mempu meringankan tugas tenaga medis dalam penanganan pasien corona.

Baca: OJK Riau: Perlu Penegakan Hukum untuk Gerakan Perusahaan Investasi Bodong

Terhadap kegiatan ini, kata Decymus, dari hasil konsultasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Riau, pelaksanaan donor darah diminta agar diatur sedemikian rupa sesuai dengan protokol COVID-19.

Lebih rinci, dia menjelaskan, dalam ruangan yang nantinya dipakai sebagai tempat donor darah, akan sesuaikan dengan standar ketentuan berlaku.

Seperti, yang dipakai untuk aktivitas donor akan diatur dengan jarak di atas satu meter. Pelaksanaannya, akan dilakukan sebaik mungkin sesuai dengan arahan pemerintah di tengah wabah corona.

“Termasuk nanti untuk para pendonor akan disesuaikan. Jadi akan diberi durasi. Misalnya untuk satu jam hanya 20 orang, lalu satu jam selanjutnya juga 20 orang dan seterusnya. Jadi nanti kami pastikan tidak akan ada yang berkerumun,” sambungnya.

Decymus juga memastikan bahwa setiap orang, baik pendonor maupun panitia dan undangan yang datang ke lokasi akan dilakukan pengecekan suhu tubuh, lengkap dengan fasilitas cuci tangan, menggunakan masker dan disediakan tempat menunggu sesuai dengan Protokol COVID-19.

“Jadi kami pastikan prosedurnya aman. Maksud baik juga harus dilakukan dengan prosedur yang aman,” sambungnya. (bpc3)