Mengapa Penting ‘Berkenalan’ dengan Perusahaan Sebelum Membeli Sahamnya?

Selasa, 27 Oktober 2020 08:31
Mengapa Penting ‘Berkenalan’ dengan Perusahaan Sebelum Membeli Sahamnya?
ilustrasi. (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sudah punya niat untuk berinvestasi di saham, tapi masih bingung saham mana yang cocok? Agar cepat mengerti bagaimana berinvestasi di saham, kamu tentu harus mendalami dulu perusahaan-perusahaan mana yang akan kamu investasikan. ‘Jangan membeli kucing di dalam karung.’ Istilah ini juga berlaku sebelum membeli di saham.

Secara definisi, saham adalah surat berharga sebagai bukti kepemilikan terhadap perusahaan. Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mengenali perusahaan lebih dalam sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya.

“Salah satu cara untuk meminimalisir kerugian saat melakukan investasi di saham, yakni dengan perusahaan yang akan kamu beli sahamnya,” ujar Menurut Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Riau Emon Sulaeman.

Dijelaskan, beberapa hal penting yang perlu diketahui terhadap perusahaan bersangkutan, yakni ketahui secara seksama latar belakang perusahaan dan manajemennya. 

Baca: RUPSLB BRK Tahun Ini Tak Bahas Soal Kekosongan Direksi dan Komisaris?

BACA JUGA:  Membantah Mitos-mitos Soal Investasi Saham

Lalu, pantau rencana perkembangan dan prospek ke depannya, pelajari laporan keuangan perusahaan tersebut, dan ketahui keadaan serta industri perusahaan.

“Selain itu, kita harus rela untuk belajar dan mengikuti setiap perkembangan berita dan informasi yang berkaitan dengan saham di perusahaan tersebut,” sambungnya.

Dengan tekun mengikuti perkembangannya, maka sebagai calon investor bisa mengetahui risiko yang mungkin akan terjadi. Ini penting kamu putuskan sebelum membeli saham.

“Sekaligus menjadi sarana untuk mengukur diri apakah kita sanggup terhadap risiko yang akan terjadi. Oleh sebab itu penting mengenal sebuah perusahaan sebelum memutuskan berinvestasi dengan perusahaan itu,” sambungnya. (bpc2)